Krisis Iklim Memburuk, Walhi Ajak Orang Muda Bikin Gugatan Iklim

Sharing for Empowerment

Ia pun meminta generasi muda terlibat aktif menghentikan krisis iklim melalui cara menjadi penggugat iklim yang menuntut pertanggungjawaban negara yang telah membuat aneka kebijakan yang kian memperburuk krisis iklim.

Tuntutan tersebut, kata Parid, pun perlu dilayangkan ke korporasi multinasional yang telah memproduksi emisi dalam jumlah yang sangat besar dalam satu dekade terakhir.

“Walhi Nasional siap mendampingi siapapun, terutama generasi muda yang mau menempuh gugatan iklim pada masa yang akan datang,” tegas Parid.

Contoh dari Jerman

Kata Parid, pengalaman generasi muda yang berhasil menempuh gugatan iklim telah dibuktikan oleh Sophie Backsen, seorang remaja dari Pulau Pellworm, pulau kecil di Utara Jerman, yang terdampak krisis iklim.

Sophie berhasil menempuh gugatan iklim kepada Mahkamah Konstitusi Jerman dan mendesak Pemerintah Jerman menetapkan penurunan emisi sampai nol persen pada 2050.

“Dia menggunakan argumen keadilan antargenerasi untuk mempertahankan pulau yang berusia lebih dari 300 tahun,” kata Parid.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*