9 Tip Menjaga Kesehatan Mental Saat Mengerjakan Skripsi

Sharing for Empowerment

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Mengambil waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang kamu nikmati dapat membantu meredakan stres, lho! Habiskan waktu dengan hobi, menonton film, atau sekadar berjalan-jalan di luar rumah. Hal ini dapat memberikan pikiran waktu untuk beristirahat dan kembali segar saat tiba waktunya mengerjakan skripsi lagi.

6. Cobalah Curhat kepada Siapapun yang Kamu Percaya

Jangan ragu untuk berbicara dengan teman, pasangan, keluarga, atau pembimbing skripsi jika kamu merasa terbebani. Terkadang, hanya dengan berbagi perasaan atau curhat dengan orang lain sudah bisa membantu meringankan beban.

Jika diperlukan, jangan sungkan untuk mencari bantuan profesional seperti konselor atau psikolog. Hal ini penting agar kamu tidak merasa stres yang berlebihan.

7. Jangan Terlalu Berespektasi Tinggi

Realistis dengan ekspektasi kamu sendiri dan sadari bahwa tidak ada yang sempurna. Fokus pada progres yang sudah kamu capai, bukan pada kesempurnaan. Terkadang, hasil yang baik sudah cukup, dan mencoba untuk mencapai kesempurnaan hanya akan menambah tekanan.

 8. Belajar Teknik Relaksasi

Pelajari dan praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan. Teknik-teknik ini dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres kala kamu pusing mengerjakan skripsi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*