7 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Gerebek Gunungan di Yogyakarta. (Ist.)
Gerebek Gunungan di Yogyakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tradisi membawa makna dan keunikan tersendiri. Apa saja tradisi unik Idul Adha di berbagai wilayah Indonesia? Coba cek di sini, yuk!

Indonesia, dengan kekayaan budaya dan keragaman etnisnya, memiliki berbagai cara unik dalam merayakan Idul Adha.

Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk membuat Idul Adha semakin semarak dan semuanya mencerminkan identitas budaya dan kekayaan tradisi masing-masing.

BACA JUGA:

Seperti apa sih tradisi unik Idul Adha di berbagai wilayah Indonesia? Coba yuk cek tradisi Idul Adha yang ada di berbagai wilayah Indonesia ini!

1. Toron dan Nyalasi, Madura

Ada yang unik dengan tradisi Idul Adha di Madura yang dirayakan dengan dua kegiatan utama: Toron dan Nyalasi. Toron adalah tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat Madura.

Pada hari-hari menjelang Idul Adha, perantau Madura yang tinggal di luar pulau akan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan hari besar bersama keluarga. Mudik ini adalah momen penting untuk berkumpul.

Setelah kembali ke kampung halaman, tradisi Nyalasi dilakukan. Nyalasi adalah prosesi penyembelihan hewan kurban yang diadakan di halaman rumah atau masjid.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*