Tahukah Kamu? Inilah 15 Jurusan SMK yang Cepat Raih Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Siswa-siswi SMK. (kalderanews.com)
Siswa-siswi SMK. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu lulusan SMP wajib tahu nih! Berikut 15 jurusan SMK yang cepat mendapatkan pekerjaan, serta bisa meraih gaji tinggi.

Sekolah Menengah Kejuruan alias SMK adalah bentuk pendidikan formal setingkat SMA, yang lulusannya dipersiapkan agar cepat terserap pasar tenaga kerja.

Siswa SMK pun dilatih sesuai jurusannya, supaya memiliki kompetensi tertentu serta siap bersaing di dunia kerja.

BACA JUGA:

15 jurusan SMK yang cepat raih pekerjaan

Nah, jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di SMK, inilah 15 jurusan SMK yang bakal memberi peluang kamu cepat mendapat pekerjaan dan meniti karir.

Akuntansi

Jurusan ini menawarkan prospek karir yang menjanjikan bagi lulusannya di berbagai jenis industri atau jasa.

Mereka bisa bekerja sebagai asisten akuntan, staf administrasi keuangan, staf pajak, staf audit, asisten manajer keuangan, administrator perusahaan, pembukuan, atau di bidang penjualan dan pemasaran.

Peluang kerja ini tersedia di berbagai sektor industri, seperti perusahaan swasta baik manufaktur maupun jasa, lembaga pemerintah, serta kantor akuntan publik.

Keperawatan

Jurusan ini salah satu jurusan yang paling diminati di SMK. Tak heran, karena lulusannya juga banyak dibutuhkan di bidang kesehatan masyarakat.

Di jurusan ini, siswa bakal dibekali pengetahuan dan keterampilan medis, perawatan pasien, etika profesi, dan pemahaman tentang kesehatan.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di rumah sakit, klinik, pusat kesehatan, hingga fasilitas perawatan jangka panjang.

Mereka pun bisa menempati posisi sebagai asisten perawat, perawat di unit gawat darurat, unit rawat inap, unit perawatan intensif, serta di pusat kesehatan masyarakat, fasilitas perawatan lansia, dan pusat rehabilitasi.

Pariwisata

Jurusan pariwisata sangat cocok buat kamu yang suka jalan-jalan. Jurusan ini juga sangat dibutuhkan di masa depan mengingat potensi pariwisata Indonesia yang sangat kaya.

Di jurusan ini, kamu bakal mempelajari industri pariwisata, termasuk destinasi wisata, manajemen hotel dan restoran, pelayanan wisata, transportasi, bahasa asing, ekowisata, pemasaran, keuangan, dan kewirausahaan.

Peluang kerja dari jurusan ini pun sangat luas mencakup semua industri pariwisata seperti tour guide, bisnis travel agent, biro perjalanan, hingga biro perjalanan.

Desain Komunikasi Visual

Perkembangan industri kreatif yang kian modern, lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki banyak peluang untuk berkembang dan berhasil dalam karir.

Lulusan jurusan DKV memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, termasuk periklanan, media digital, desain grafis, branding, produksi film dan televisi, serta desain web.

Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran mempelajari manajemen kantor, korespondensi bisnis, teknologi informasi perkantoran, arsip dan dokumentasi, komunikasi bisnis, administrasi keuangan, dan hukum bisnis.

Lulusan dapat bekerja sebagai sekretaris, administrasi kantor, asisten administrasi, manajer kantor, petugas layanan pelanggan, atau pengelola dokumen.

Desain Grafis atau Multimedia

Jurusan yang membuka peluang kerja tinggi selanjutnya adalah desain grafis/multimedia. Jurusan ini mempelajari seni visual, tipografi, desain web, animasi, fotografi, ilustrasi, dan perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan After Effects.

Lulusan desain grafis berpeluang untuk menjadi seorang desainer grafis, animator, desainer web, ilustrator, fotografer, atau editor video.

Bisnis dan Pemasaran

Jurusan Bisnis dan Pemasaran mempelajari ilmu dan praktik pengembangan bisnis serta pemasaran mulai dari ekonomi bisnis, bisnis online, marketing, administrasi umum, administrasi transaksi, serta simulasi dan komunikasi digital.

Adapun prospek kerja bagi lulusan bisnis dan pemasaran meliputi manajer pemasaran, manajer penjualan, spesialis pemasaran digital, pemasaran produk, spesialis riset pasar, konsultan bisnis, manajer toko atau ritel, dan banyak lagi.

Tak hanya bekerja untuk perusahaan, karena dibekali ilmu bisnis dan pemasaran, lulusan jurusan ini juga bisa berwirausaha mandiri.

Perbankan dan Keuangan Syariah

Jurusan perbankan dan keuangan syariah dipersiapkan untuk bekerja di sektor perbankan.

Adapun pada bagian keuangan syariah mereka mempelajari prinsip-prinsip keuangan sesuai syariah Islam.

Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi , teller, customer service, maupun staf administrasi.

Selain di bank, kamu lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan sekuritas, valuta asing, dan perusahaan asuransi.

Farmasi

Jurusan farmasi pada SMK akan banyak berurusan dengan obat-obatan dan tentang obat-obatan, cara kerja obat di tubuh, dan bagaimana mengelola obat dengan baik.

Selain itu, siswa jurusan ini juga mempelajari etika dalam bekerja di bidang farmasi, kimia obat, dasar-dasar anatomi tubuh, dan cara penelitian obat.

Lulusan farmasi tidak hanya berprospek menjadi apoteker, tapi juga bisa menjadi asisten peneliti, teknisi laboratorium, staf administrasi, dan tenaga penjualan.

Pelayaran

Jurusan pelayaran biasanya tersedia pada SMK pelayaran. Di sana juga memiliki banyak jurusan seperti nautika, ilmu kelautan, teknik perkapalan dan sebagainya.

Lulusan SMK pelayaran berpeluang bekerja di kapal kargo, kapal penumpang, atau kapal pesiar yang menjanjikan pendapatan selangit.

Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin SMK memiliki prospek kerja yang bagus karena keterampilan praktis yang diajarkan seperti pemrograman mesin dan perakitan peralatan mekanis.

Industri membutuhkan tenaga kerja terampil dalam bidang ini, baik untuk manufaktur, otomotif, maupun sektor lainnya.

Lulusan memiliki beragam pilihan karir mulai dari operator mesin hingga teknisi perawatan dan insinyur mekanik membuat mereka relevan dalam pasar kerja yang berkembang pesat.

Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak mempelajari pembuatan aplikasi dan sistem perangkat lunak melalui pemrograman komputer, pengembangan aplikasi web dan mobile, manajemen basis data, arsitektur perangkat lunak, serta keamanan dan pengujian perangkat lunak.

Lulusan jurusna ini tentu memiliki keterampilan untuk bekerja sebagai pengembang perangkat lunak, analis sistem, atau arsitek perangkat lunak.

Mereka juga dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana untuk meningkatkan peluang karir dan pengetahuan mereka dalam industri teknologi informasi.

Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan karena kemajuan teknologi dan permintaan akan aplikasi perangkat lunak dan sistem informasi terus meningkat di berbagai industri.

Teknik Komputer Jaringan

Jurusan SMK selanjutnya yang paling diminati dan sangat dibutuhkan di masa depan adalah Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Di jurusan ini, siswa dilatih memiliki kemampuan pengelolaan jaringan komputer, administrasi sistem, keamanan jaringan, instalasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Lulusannya dapat bekerja sebagai teknisi jaringan, administrator sistem, teknisi helpdesk, atau spesialis keamanan jaringan

Perhotelan

Industri pariwisata di Indonesia yang terus meningkat, tentu membutuhkan tenaga-tenaga di bisang perhotelan yang mumpuni.

Nah, di jurusan ini, kamu bakal mempelajari beragam keterampilan seperti pelayanan makanan dan minuman, pekerjaan laundry, tugas front office, housekeeping, dan berbagai tanggung jawab lainnya.

Tata Boga

Jurusan klasik di SMK ini juga masih sangat diminati, apalagi jika melihat perkembangan industri kuliner di Indonesia. Jurusan ini amat menjanjikan.

Tak hanya memasak dengan rasa yang enak, lulusan tata boga juga harus tahu takaran gizi, hingga manajemen bisnis kuliner.

Selain bisa bekerja di industri, lulusan jurusan ini juga dapat membuka peluang usaha baru di bidang kuliner.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*