3 Macam Sertifikasi Dosen yang Penting untuk Diketahui

Sharing for Empowerment

Namun, tetap  disesuaikan dengan kebutuhan dan standar spesifik dari kementerian terkait seperti Melibatkan penilaian portofolio, pelatihan, dan ujian yang relevan dengan bidang spesifik dari kementerian tersebut.

3. Sertifikasi Dosen (Serdos) Dosen Pendidikan Kedinasan (Diknis)

Terakhir adalah serdos diknis yang itujukan untuk dosen yang mengajar di institusi pendidikan kedinasan, seperti Akademi Kepolisian, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, dan lembaga pendidikan kedinasan lainnya.

Proses mengajukan serdos diknis adalah:

  • Penilaian yang melibatkan portofolio dosen, termasuk pengalaman mengajar dan kegiatan lain yang relevan dengan pendidikan kedinasan.
  • Melibatkan pelatihan khusus dan ujian yang difokuskan pada kebutuhan pendidikan kedinasan.
  • Dosen mengikuti pelatihan dan evaluasi yang ditetapkan oleh institusi pendidikan kedinasan dan kementerian terkait.

Ketiga macam serdos tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen di berbagai jenis institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Meskipun proses dan tujuannya serupa, masing-masing sertifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan standar spesifik dari institusi dan kementerian yang bersangkutan.

Harapannya, dengan adanya sertifikasi ini, kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dapat terus meningkat dan memenuhi standar internasional.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*