BMKG: Indonesia Alami Kekeringan pada Juni sampai November 2024

Anak-anak mencari sumber air bersih. (Ist.)
Anak-anak mencari sumber air bersih. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – BMKG sebut, beberapa daerah di Indonesia bakal mengalami kekeringan pada medio Juni sampai November 2024.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Selasa, 28 Mei 2024.

Dia mengatakan, potensi kekeringan Indonesia berkaitan dengan hari tanpa hujan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagian besar wilayah Indonesia, lanjutnya, akan mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek, yakni berdurasi 1-5 hari.

BACA JUGA:

Tetapi, di Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, serta sebagian Sulawesi Selatan mengalami hari tanpa hujan sangat panjang dengan durasi 31-60 hari.

Hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kebun Benih Kalinyamatan, Jawa Tengah selama 41 hari.

“Analisis curah hujan dan analisis sifat hujan ini menunjukkan bahwa kondisi kering sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, terutama bagian selatan khatulistiwa,” papar Dwikorita.

El Nino diganti La Nina

Dwikorita juga mengatakan, kondisi El Nino tahun ini tidak separah sebelumnya.

El Nino merupakan fenomena memanasnya suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah hingga timur yang menyebabkan Indonesia menjadi kering dan curah hujan berkurang.

BMKG dan beberapa pusat iklim dunia memprediksi, El Nino bakal terjadi mulai Mei 2024 dan bertahan pada Juni dan Juli 2024.

Selanjutnya, El Nino digantikan La Nina pada Juli, Agustus, dan September 2024 dengan level lemah.

La Nina merupakan kejadian anomali iklim global yang ditandai dengan keadaan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin dibandingkan suhu normalnya.

Dwikorita menyebutkan bahwa La Nina tidak akan memberikan pengaruh terhadap musim kemarau 2024.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*