10 Kampus Terbaik di Prancis Versi QS World University Rankings 2024

Ilustrasi: Eiffel Excellence Scholarship Programme dari Pemerintah Perancis. (Ist.)
Ilustrasi: Eiffel Excellence Scholarship Programme dari Pemerintah Perancis. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cek, 10 kampus terbaik di Prancis Tahun 2024 Berdasarkan QS World University Rankings 2024 yang bisa jadi referensi kuliah.

Prancis adalah salah satu negara yang menawarkan beragam institusi pendidikan tinggi terbaik.

Banyak di antaranya menduduki peringkat tinggi di antara universitas terbaik di Eropa dan dunia.

Statistik lain mendukung bahwa Prancis adalah salah satu negara terkemuka dalam pendidikan tinggi.

Prancis berada di peringkat atas dalam jumlah pemenang hadiah Nobel.

BACA JUGA:

Dengan reputasi pendidikan yang luar biasa, gelar dari universitas di Prancis akan membuka banyak peluang bagi mahasiswa di seluruh dunia. Inilah 10 kampus terbaik di Prancis:

1. Université PSL (Paris Sciences & Lettres)

Menurut QS World University Rankings 2024, Université PSL menempati peringkat dunia ke-24.

Didirikan pada tahun 2010 sebagai konsorsium beberapa institusi pendidikan tinggi dan penelitian terkemuka di Paris, Université PSL dikenal unggul dalam berbagai bidang.

Kampus ini adalah rumah bagi sejumlah besar ilmuwan terkemuka dan fasilitas penelitian canggih, menjadikannya pusat inovasi dan pengetahuan di Prancis.

2. École Polytechnique

Kampus École Polytechnique menempati peringkat dunia ke-38 menurut QS World University Rankings 2024. Didirikan pada tahun 1794, institusi ini merupakan salah satu sekolah teknik paling bergengsi di dunia.

Terletak di Palaiseau, École Polytechnique menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dalam bidang sains dan teknik, dengan fokus kuat pada penelitian dan inovasi.

3. Sorbonne University

Kampus ini berada di peringkat ke-59 dunia menurut QS World University Rankings 2024. Universitas ini didirikan pada tahun 2018 dari penggabungan beberapa institusi.

Terletak di Paris, Sorbonne terkenal dalam bidang seni, humaniora, ilmu pengetahuan, dan kedokteran. Universitas ini memiliki banyak alumni terkenal, termasuk ilmuwan pemenang Nobel dan tokoh budaya.

4. Université Paris-Saclay

Kampus Université Paris-Saclay merupakan yang terbaik selanjutnya, dan menempati peringkat ke-45 dunia menurut QS World University Rankings 2024.

Didirikan pada tahun 2015, universitas ini merupakan pusat penelitian dan pendidikan terkemuka yang berlokasi di Saclay.

Universitas ini memiliki jaringan luas dengan laboratorium nasional dan internasional serta fokus kuat pada sains dan teknologi. Université Paris-Saclay berkontribusi signifikan terhadap inovasi dan perkembangan teknologi.

5. ENS de Lyon (École Normale Supérieure de Lyon)

Kampus ENS de Lyon merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi paling bergengsi di Prancis. Kampus ini berada di urutan 184. Didirikan pada tahun 1880, ENS de Lyon terletak di kota Lyon, yang merupakan salah satu pusat pendidikan dan budaya utama di Prancis

ENS de Lyon menawarkan berbagai program sarjana, magister, dan doktoral di berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, humaniora, dan ilmu sosial.

6. École des Ponts ParisTech

Kampus École des Ponts ParisTech menempati peringkat dunia ke-192 menurut QS World University Rankings 2024.

Didirikan pada tahun 1747, École des Ponts ParisTech adalah salah satu sekolah teknik tertua dan paling bergengsi di Prancis. Kampus utamanya terletak di Champs-sur-Marne, dekat Paris.

École des Ponts ParisTech fokus pada teknik sipil, ilmu komputer, lingkungan, transportasi, dan ekonomi.

7. Université Grenoble Alpes

Universitas ini menempati peringkat dunia ke-294 menurut QS World University Rankings 2024.

Université Grenoble Alpes merupakan  salah satu universitas terbesar di Prancis, dengan sejarah yang berasal dari abad ke-14.

Universitas ini memiliki alumni yang berprestasi di berbagai bidang, termasuk ilmuwan, peneliti, dan profesional yang telah memberikan kontribusi penting di tingkat nasional dan internasional.

8. Sciences Po Paris

Didirikan pada tahun 1872, Sciences Po (Institut d’études politiques de Paris) yang terletak di Paris o menempati peringkat dunia ke-319 menurut QS World University Rankings 2024.

Institusi ini dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan terkemuka di dunia untuk ilmu politik, hubungan internasional, hukum, dan ekonomi.

Kurikulumnya dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika politik dan sosial global.

9. Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne

Kampus Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne berada di peringkat dunia ke-328. Kampus yang berdiri pada tahun 1971 ini adalah hasil dari penggabungan beberapa fakultas Universitas Paris yang lebih tua.

Terletak di pusat Paris, universitas ini memiliki sejarah panjang yang berasal dari abad ke-13. Universitas ini fokus dalam bidang hukum, ekonomi, manajemen, humaniora, dan ilmu sosial.

10. Université de Montpellier

Terakhir, ada Université de Montpellier yang ada di urutan ke-382. Kampus terbaik di Prancis ini suda didirikan pada tahun 1289!

Université de Montpellier adalah salah satu universitas tertua di dunia. Terletak di kota Montpellier, universitas ini memiliki sejarah panjang dalam pendidikan dan penelitian.

Bagaimana, apakah ada salah satu kampus terbaik di Prancis versi QS World University Rankings 2024 yang ingin sekali dituju?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*