Inilah Singkatan atau Gelar Akademik Lulusan Diploma atau Vokasi yang Wajib Kamu Tahu

Mahasiswa di Fakultas Vokasi UB. (Dok. UB)
Mahasiswa di Fakultas Vokasi UB. (Dok. UB)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Seperti apa gelar akademik lulusan diploma atau vokasi? Gelar akademik adalah gelar yang diberikan kepada lulusan dari program pendidikan akademik dalam bidang studi tertentu di perguruan tinggi.

Gelar ini juga sering disebut dengan istilah Belanda “titel,” yang berasal dari bahasa Latin “titulus.” Jenis gelar akademik meliputi sarjana (bachelor), magister (master), dan doktor (doctor).

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 036/U/1993 mengenai gelar dan sebutan lulusan Perguruan Tinggi ada yang dinamakan gelar akademik diploma.

BACA JUGA:

Gelar akademik diploma adalah gelar yang diberikan kepada lulusan program pendidikan vokasi atau profesional di perguruan tinggi, yang umumnya menekankan keterampilan praktis dan penerapan ilmu di lapangan kerja.

Di Indonesia, gelar akademik diploma diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 036/U/1993, dan terdiri dari beberapa tingkatan dengan durasi pendidikan yang berbeda:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*