7 Sekolah Pilot Terbaik di Dunia, Pilihan Kamu yang Berminat Masuk Industri Dirgantara

Pilot sebuah maskapai penerbangan. (Ist.)
Pilot sebuah maskapai penerbangan. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pilot masih menjadi profesi yang diminati. Dan inilah 7 sekolah pendidikan pilot terbaik di dunia yang bisa jadi pilihan kamu.

Indonesia, sebagai negeri kepulauan tentu menawarkan peluang besar untuk berkarier di industri dirgantara.

Selain itu, industri penerbangan merupakan bidang yang dinamis yang peluang kariernya selalu terbuka lebar. Mulai dari pilot komersial, pengontrol lalu lintas udara, hingga insinyur penerbangan.

BACA JUGA:

Nah, program pelatihan dan pendidikan inilah yang bisa kamu dapatkan di sekolah pilot atau penerbangan.

Agar kamu bisa bersaing di industri dirgantara, maka pendidikan menjadi penting. Pilihan sekolah penerbangan pun akan menjadi pertimbangan.

Dan inilah 7 sekolah pilot terbaik di dunia yang bisa jadi pilihan kamu:

Purdue Aviation College

Kampus yang terletak di West Lafayette Indiana, Amerika Serikat ini merupakan perguruan tinggi teknik dirgantara terbaik di dunia. Neil Armstrong, orang pertama yang mendarat di bulan pernah mengenyam pendidikan di sini.

Sejumlah program yang ditawarkan lembaga pendidikan tinggi ini adalah teknologi teknik penerbangan, pengatur lalu lintas udara, manajemen penerbangan, hingga teknologi penerbangan profesional.

Sementara, biaya pendidikannya mulai dari US$ 28 ribu untuk non penduduk lokal.

Embry Riddle Aeronautical University

Kampus ini terletak di Pantai Daytona, Florida, Amerika Serikat, dan dikenal dengan sebutan Harvard of the Skies.

Sebagai salah satu institusi pendidikan kedirgantaraan tertua dan terbesar di dunia, tingkat penerimaan Embry Riddle Aeronautical University hanya 68 persen.

Di antara program studi yang ditawarkan adalah ilmu penerbangan, teknik penerbangan dan kedirgantaraan, keamanan dan intelijen global, kontrol lalu lintas udara, serta administrasi bisnis.

University of North Dakota

Sekolah ini juga dikenal sebagai tempat lahirnya para profesional dirgantara papan atas. Kampus penerbangan ini menawarkan gelar sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Selain itu, mahasiswa di kampus ini pun memiliki pilihan untuk menambahkan sertifikasi minor atau khusus di bidang penerbangan.

Program studi yang ditawarkan kampus ini seperti administrasi bandara, manajemen penerbangan, kontrol lalu lintas udara, dan manajemen teknologi penerbangan.

Kampus ini pun menyediakan gelar master sains penerbangan dan PhD ilmu kedirgantaraan. Sementara, biaya pendidikan bagi pelajar luar Amerika Serikat adalah US$ 20,047.

CAE Oxford Aviation Academy

Sekolah penerbangan ini berlokasi di Amsterdam, Brussels, Gondia, Hong Kong, Melbourne, Perth, Phoenix, dan Rae Bareli.

Institusi ini menggelar pelatihan ATPL, CPL, dan MPL, dengan akses terhadap lebih dari 200 pesawat.

Program studi yang ditawarkan adalah Lisensi Pilot Transportasi Maskapai (ATPL), Lisensi Pilot Komersial (CPL), dan Lisensi Pilot Multi-Awak dari CAE hingga MPL.

Untuk biaya pendidikan gelar sarjana mulai dari US$ 4,500 hingga US$ 5,500.

CTC Wings

Sekolah pilot terbaik di dunia berikutnya adalah CTC Wings. Kampus yang memiliki cabang di Australia, Selandia Baru, India, dan Singapura.

Program studi yang ditawarkan CTC Wings adalah Night Rating, CPL (Lisensi Pilot Komersial), Peringkat Instrumen, Peringkat Multi-Mesin, IFR/IR Multi-Mesin, Pelatihan Sim Multi Mesin, Pelatihan Jalur Co-Pilot, Peringkat Tipe, dan lain sebagainya.

Biaya pendidikan yang harus disiapkan mulai dari US$ 2,600 hingga US$ 5,400.

Singapore Flying College

Kampus ini didirikan pada 1988. Sekolah penerbangan di Singapura ini terkenal lantaran memberikan pelatihan penerbangan bagi para pilot dan pekerja di Singapore Airlines Group.

Armada pelatihan perguruan tinggi terdiri dari 16 pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang dilengkapi dengan Garmin, serta 5 pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang berbasis di Seletar.

Program pendidikan utama di Singapore Flying College adalah untuk kadet pilot MPL dan CPL di Singapura.

Pan AM International Flying Academy (PAIFA)

Ini merupakan sekolah penerbangan yang fokus mendidik tenaga maskapai penerbangan, pilot, dan profesional penerbangan lainnya.

Lembaga pendidikan kedirgantaraan ini dimiliki oleh perusahaan All Nippon Airlines. Program studi yang ditawarkan mulai dari kursus pelatihan pilot, pelatihan kontrol lalu lintas udara, pelatihan awak maskapai penerbangan, pelatihan perawatan pesawat, dan pelatihan operator pesawat.

Biaya pendidikan bervariasi tergantung program pelatihan yang diambil, tapi pada umumnya biaya yang perlu disedikan sekira US$ 17 ribu hingga US$ 18 ribu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*