Amazing, Sistem Imun Kita Berevolusi Setelah Covid-19

Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Selama empat tahun pandemi COVID-19, sistem kekebalan tubuh kita telah mengalami evolusi. Hal ini berkat kemampuan sistem imun kita untuk beradaptasi dan mempelajari virus yang menyerang.

Kendati sudah berlalu, ternyata virus SARS-CoV-2 belum sepenuhnya diberantas. Virus zoonosis dari kelelawar ini terus berevolusi, membawa varian baru yang bisa menyerang kapan saja.

Kabar gembiranya, perkembangan virus cCorona tampaknya tidak terlalu menjadi masalah karena respons imun manusia yang telah berubah.

BACA JUGA:

Menurut sebuah studi, evolusi selama empat tahun pandemi ini membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih siap melawan varian baru dari virus corona.

Evolusi Kekebalan Tubuh

Di dalam sistem kekebalan tubuh kita terdapat limfosit atau sel T, yang merupakan sel darah putih yang memainkan peran utama dalam kekebalan seluler.

Limfosit mampu membedakan jenis patogen berkat kemampuannya berevolusi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan saat terserang.

Limfosit telah mempelajari dan merekam jenis virus corona, termasuk beberapa varian yang berbahaya. Pada tahun 2021, varian omicron merebak dengan penularan yang sangat cepat dan menjadi dominan. Varian ini memiliki berbagai alur jenis (strain) yang menyebar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*