Ada Program Pendidikan Dokter Spesialis dari Kemenkes, Gratis Biaya Uang Pangkal, Cek Informasinya di Sini!

Mahasiswi Kedokteran (KalderaNews.com/Ist.)
Mahasiswi Kedokteran (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membuka program pendidikan dokter spesialis dan menyediakan beasiswa gratis uang pangkal.

Beasiswa ini dinamakan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, program PPDS berbasis RSP-PU atau hospital based ini tidak dikenakan uang kuliah atau uang pangkal.

BACA JUGA:

Mahasiswa tidak dikenakan uang pangkal

Dokter yang mendaftar program ini akan jadi tenaga kontrak dari rumah sakit, sehingga mereka juga bekerja selayaknya tenaga kerja lainnya.

Dijelaskan oleh Menkes, program PPDS ini mengkloning dari kegiatan yang dilakukan di berbagai negara, terutama di Inggris.

Inggris adalah negara berhasil mencetak lulusan dokter spesialis lima kali lipat lebih banyak dibandingkan Indonesia atau setara dengan 12 ribu dokter spesialis setiap tahunnya dari total penduduk 50 juta atau seperenam dari penduduk yang dimiliki Indonesia.

Hal tersebut terjadi selain karena sistem pendidikan di sana sudah berbasis rumah sakit, juga pendidikan dokter spesialis di Indonesia terhambat karena biaya kuliah yang mahal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*