Apa Perbedaan Antara Sekolah Inklusi dan SLB? Cek Bedanya di Sini!

Sharing for Empowerment

Guru dan staf sekolah dilatih untuk memberikan pendidikan yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa.

3. Lingkungan sosial yang beragam

Sekolah inklusi menciptakan lingkungan sosial yang beragam di mana anak-anak dapat belajar dari satu sama lain, membangun persahabatan, dan menghargai keberagaman.

4. Menekankan penerimaan

Fokus utama sekolah inklusi adalah pada penerimaan, menghargai, dan membangun kepercayaan diri pada setiap siswa, tanpa memandang keberadaan kebutuhan khusus.

SLB

1. Spesialisasi dalam kebutuhan khusus

SLB merupakan lembaga pendidikan yang khusus dibangun untuk melayani anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti gangguan perkembangan, disabilitas fisik, atau kebutuhan pendidikan khusus lainnya.

2. Program khusus

SLB menawarkan program pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa, sering kali dengan fokus pada terapi, rehabilitasi, dan pengembangan keterampilan khusus.

3. Fasilitas dan layanan khusus

SLB dilengkapi dengan fasilitas dan layanan khusus, seperti terapi fisik, terapi bicara, atau terapi okupasi, yang dirancang untuk membantu siswa dalam mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

4. Kurikulum adaptif

Kurikulum di SLB dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan khusus siswa, seringkali dengan penekanan pada pengembangan keterampilan hidup sehari-hari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*