Jadwal OSN Provinsi SMA MA 2024 dan Tahapannya, Catat Tanggalnya di Sini!

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 jenjang SMA sederajat. (dok.puspresnas)
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 jenjang SMA sederajat. (dok.puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTAKalderaNews.com – Simak jadwal OSN Provinsi SMA MA 2024 dan tahapannya di sini! Catat tanggalnya baik-baik, ya!

Kabar gembira bagi para pelajar SMA yang telah meraih prestasi di ajang OSN-K tahun 2024! Banyak yang mungkin bertanya kapan OSN-P tingkat SMA akan digelar.

OSN-P atau Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi merupakan tahap lanjutan dari seleksi OSN yang digelar secara bertingkat.

Peserta yang telah berhasil melangkah dari seleksi tingkat sekolah (OSN-S) dan kemudian melalui seleksi tingkat kabupaten/kota (OSN-K) berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi (OSN-P).

BACA JUGA:

OSN merupakan kompetisi bergengsi dalam bidang riset dan inovasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) setiap tahunnya.

Jadwal OSN-P SMA MA 2024

OSN-P SMA tahun 2024 dijadwalkan digelar pada 6 – 8 Mei 2024, sebagaimana tercantum dalam Pedoman Olimpiade Sains Nasional 2024 yang diterbitkan BPTI Kemendikbudristek.

Perlu diketahui, jadwal pelaksanaan OSN tingkat SMA 2024 telah disusun dengan seksama. Tanggal tersebut harus dicatat baik-baik bagi para peserta yang akan mengikuti ajang bergengsi ini.

Jadwal pelaksanaan OSN-P SMA 2024 juga memiliki berbagai catatan penting. Salah satunya adalah penyesuaian jadwal untuk daerah pemekaran Papua, yang mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat.

Selain itu, bagi Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), tempat dan penanggung jawab penyelenggaraan OSN-K dan OSN-P dapat menyesuaikan dengan kebijakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Sementara jadwal uji coba OSN-P telah ditentukan pada tanggal 2 dan 3 Mei 2024.

Berikut rincian jadwal jadwal OSN Provinsi SMA MA 2024:

  • 6 Mei 2024: Fisika, Matematika, Ekonomi
  • 7 Mei 2024: Astronomi, Biologi, Kimia, Kebumian
  • 8 Mei 2024: Kebumian, Informatika/Komputer, Geografi

Penilaian OSN-P direncanakan akan dilakukan pada pekan ketiga bulan Juni 2024.

Sedangkan penetapan dan publikasi peserta yang lolos ke OSN tingkat nasional akan dilakukan pada pekan keempat bulan Juni 2024 oleh BPTI.

Tahapan pelaksanaan OSN-P SMA 2024

TahapanOSN-P SMA 2024 akan dilaksanakan secara daring, memanfaatkan teknologi internet. Peserta diharapkan untuk menyiapkan perangkat seperti laptop atau smartphone secara mandiri.

Jadwal seleksi untuk setiap bidang lomba akan diatur dengan cermat, dengan mempertimbangkan beban sistem dan aplikasi yang digunakan.

Sosialisasi mengenai pelaksanaan OSN-P akan dilakukan secara intensif kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia mulai dari minggu ke-4 April 2024.

Dengan jadwal OSN Provinsi SMA MA 2024 ini, maka para peserta OSN-P SMA 2024 dapat mempersiapkan diri dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*