Mau Kuliah di STIN? Ada Pendaftaran Jalur Talent Scouting, Cek Syaratnya di Sini

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). (dok.stin)
Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). (dok.stin)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu berencana mendaftar ke Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) tahun ini? Ada pendaftaran jalur talent scouting, cek syaratnya di sini!

Selain membuka pendaftaran jalur umum, kamu juga bisa memilih jalur khusus yang disebut Jalur Talent Scouting untuk masuk di STIN.

Namun, untuk bisa masuk jalur ini, maka kamu harus memahami syarat-syaratnya sebelum mendaftar. Berikut adalah syarat khusus jalur Talent Scouting di STIN 2024:

BACA JUGA:

1. Prestasi olimpiade

Syarat melalui jalur prestasi olimpiade harus memiliki skor tes IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 85,00, dan pernah menjadi juara olimpiade tingkat nasional/internasional.

2. Cerdas istimewa

Selanjutnya, ada jalur Cerdas Istimewa yang diukur dari tes psikotes, kamu harus memperoleh skor IQ minimal 120. Selain itu, nilai rata-rata rapor juga harus mencapai minimal 85,00.

4. Keahlian bahasa

Persyaratan di jalur ini harus punya IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, serta memiliki sertifikat hasil uji kemampuan bahasa seperti TOEFL, Jerman, Arab, Korea, Mandarin, atau Rusia.

5. Keahlian beladiri

Bagi yang mahir dalam beladiri, jalur ini bisa menjadi pilihan menarik. Syaratnya meliputi skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan minimal memiliki sabuk hitam atau setara.

6. Keahlian IT

Bagi yang mahir di bidang IT, jalur ini bisa menjadi peluang emas. Persyaratan mencakup skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan memiliki sertifikat keahlian di bidang IT.

7. Pramuka

Bagi yang aktif di Pramuka dan pernah mengikuti Raimuna Nasional atau meraih prestasi di tingkat nasional, jalur ini bisa menjadi pilihan.

Persyaratannya adalah skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, serta memiliki sertifikat Raimuna atau juara lomba Kepramukaan.

8. Paskibraka

Kamu merupakan anggota Paskibraka tingkat Provinsi? Jalur bisa dicoba. Persyaratan mencakup skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan memiliki surat keterangan sebagai anggota Paskibraka.

9. Ketokohan

Kamu merupakan keturunan langsung dari tokoh penting dalam masyarakat? Jalur ini bisa menjadi peluangmu!

Syaratnya adalah punya skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan garis keturunan ketokohan yang ditentukan sesuai adat daerah setempat.

Jalur Talent Scouting di STIN memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang memiliki keunggulan di berbagai bidang. Jadi, perhatikan syaratnya baik-baik, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*