Jadwal Seleksi Substansi LPDP 2024 Disertai Bocoran Pertanyaannya

Ilustrasi: Beasiswa LPDP 2024. (dok.lpdp)
Ilustrasi: Beasiswa LPDP 2024. (dok.lpdp)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Simak jadwal seleksi substansi LPDP 2024 disertai dengan bocoran pertanyaannya di sini mengingat tahapan akan segera selesai.

Tahapan final seleksi beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk angkatan pertama di tahun 2024 telah dimulai.

Pengumuman hasil dari Seleksi Bakat Skolastik telah dikirimkan kepada peserta pada tanggal 27 Maret 2024 melalui platform pendaftaran mereka.

Mereka yang berhasil melewati tahap ini akan maju ke tahap akhir seleksi beasiswa LPDP tahun ini, yaitu tahap Seleksi Substansi. Dalam tahap ini, peserta akan dihadapkan pada serangkaian pertanyaan yang lebih detail dan mendalam.

BACA JUGA

Sumber pertanyaan untuk tahap ini berasal dari CV, esai, proposal bisnis (khusus untuk mereka yang mendaftar dalam program Kewirausahaan Terarah) dan proposal penelitian (untuk kandidat doktoral) yang telah diserahkan oleh peserta selama Seleksi Administratif.

Selama seleksi, setiap peserta akan dinilai oleh tiga interviewer yang merupakan ahli dari bidang akademis, praktisi profesional, dan psikologi.

Jadwal untuk Seleksi Substansi diatur untuk berlangsung selama tujuh minggu, mulai dari 2 April 2024, untuk menampung semua peserta terdaftar dari program beasiswa LPDP 2024.

Berikut adalah informasi terperinci tentang jadwal dan contoh pertanyaan yang akan diajukan dalam Seleksi Substansi, sebagaimana diumumkan melalui unggahan di Instagram LPDP RI pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Jadwal seleksi substansi Beasiswa LPDP 2024

Seleksi Substansi akan berlangsung pada periode berikut:

  • Minggu 1: 2-5 April 2024
  • Minggu 2: 23-26 April 2024
  • Minggu 3: 29-30 April 2024
  • Minggu 4: 6-8 Mei 2024
  • Minggu 5: 14-17 Mei 2024
  • Minggu 6: 20-22 Mei 2024
  • Minggu 7: 28-31 Mei 2024

Contoh pertanyaan dalam seleksi substansi beasiswa LPDP 2024

Peserta seleksi akan diwawancara dalam bahasa Inggris atau Indonesia, tergantung pada penguji. Pertanyaan akan mencakup aspek-aspek berikut:

1. Latar Belakang

Penguji akan mengeksplorasi informasi latar belakang peserta berdasarkan CV yang telah dikirimkan, termasuk pertanyaan seperti:

  • Memperkenalkan diri sendiri
  • Alasan memilih pendidikan lanjutan daripada melanjutkan karir
  • Kegiatan terkini yang dilakukan di luar dunia pendidikan atau pekerjaan

2. Esai

Akan ada konfirmasi dan pembahasan lebih lanjut mengenai esai yang dikirimkan, khususnya terkait rencana studi dan rencana pengabdian. Pertanyaan yang mungkin diajukan meliputi:

Bagaimana studi dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia

Pandangan tentang komitmen atau rencana kontribusi di dalam negeri

3. Kepribadian

Bagian ini bertujuan untuk memahami pandangan dan pemikiran peserta berdasarkan pengalaman mereka, dengan pertanyaan seperti:

  • Analisis tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  • Pengalaman dan persiapan dalam menghadapi situasi sulit
  • Faktor-faktor yang membuat peserta unik dibandingkan dengan kandidat lain

Itulah jadwal seleksi substansi LPDP 2024 disertai dengan bocoran pertanyaannya. Dengan mempersiapkan jawaban untuk jenis pertanyaan ini, kamu dapat meningkatkan peluang berhasil.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*