Cara Ikut Simulasi Tes UTBK SNBT 2024 untuk Hitung Peluang Lolos, Bisa Dicoba!

Ujian Masuk PTN
Ujian masuk PTN (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berikut cara ikut simulasi tes UTBK SNBT 2024 yang bisa siswa ketahui jika ingin mencoba try out dan menghitung peluang lolos.

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sudah dibuka. Siswa yang saat ini duduk di bangku kelas XII atau 12 harus sudah mempersiapkan diri.

 Jika gagal di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), maka siswa masih bisa mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

 UTBK SNBT 2024 sendiri adalah seleksi nasional yang menggunakan tes untuk mengukur kemampuan pesertanya.

BACA JUGA:

Khusus UTBK SNBT, siswa akan mengerjakan 160 soal. Soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 195 menit atau 3 jam 15 menit.

Adapun materi UTBK terdiri Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi, mencangkup Bahasa Indonesia dan Inggris, serta Penalaran Matematika.

Adapun salah satu cara mengetahui peluang lolos di UTBK SNBT 2024 adakah dengan melakukan simulasi melalui link latihan yang disediakan SNPMB.

Tata cara ikut simulasi UTBK SNBT 2024

  1. Buka laman https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Mengisi data diri Saat halaman muncul, siswa diminta mengisi nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu
  3. Pilih ‘Sub Tes Tersedia;. Ada beberapa sub tes yang perlu dikerjakan. Ada mata ujian Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan
  4. Perhatikan waktu ujian saat tes berlangsung, maka akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga kamu benar-benar bisa merasakan UTBK sesungguhnya.
  5. Pembahasan hasil tes setelah simulasi selesai, maka akan muncul kunci jawaban beserta pembahasannya.

Setelah mengikuti simulasi UTBK SNBT 2024, maka kamu bisa dapat mengevaluasi hasil pekerjaanmu. Selain itu kamu bisa tahu skormu untuk peluang lolos di UTBK SNBT 2024.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*