Indonesia Kekurangan Dokter, Capres Prabowo Janji Kirim 10.000 Pelajar Kuliah Kedokteran ke Luar Negeri

Calon Presiden (Capres) 2024, Prabowo Subianto
Calon Presiden (Capres) 2024, Prabowo Subianto (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Calon presiden Prabowo Subianto menyatakan bahwa Indonesia kekurangan dokter. Ia pun menggagas kirimkan 10 ribu pelajar untuk kuliah kedokteran ke luar negeri.

Menurutnya, mengirim pelajar ke luar negeri untuk menjadi dokter adalah langkah darurat mengatasi angka kematian di Indonesia yang dinilai memprihatinkan.

“Datanya sudah cukup jelas bahwa kita kekurangan 140 ribu dokter. Sebagai contoh, di Atambua, ada satu rumah sakit, yang seharusnya ada 16 dokter, ini dokternya 1 orang. Jadi dia kewalahan, dia harus melayani 3 kabupaten,” papar Prabowo dalam Debat Capres 2024.

BACA JUGA:

10 ribu beasiswa untuk kedokteran dan STEM

Ia lantas membeberkan programnya dengan memberikan beasiswa kepada 10 ribu mahasiswa untuk belajar kedokteran.

Tidak hanya itu saja, ia juga ingin memberikan program beasiswa di bidang teknologi dan informasi dan membangun fakultas science, engineering, technology, mathematics (STEM).

“Jadi, program kami memberi beasiswa, sudah saya katakan, 10 ribu kedokteran, 10 ribu di bidang science, engineering, dan mathematics, kita ambil yang terpinter dari Indonesia, kita kirim ke luar negeri, kita bangun fakultas-fakultas STEM yang lebih banyak lagi di Indonesia, baru kita rebut teknologi di Indonesia,” kata Prabowo.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*