Kaji Student Loan Berbunga Rendah, Sri Mulyani: Awas Potensi Gagal Bayar!

Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya angkat suara terkait kasus pinjaman online (pinjol) untuk membayar uang kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang viral akhir-akhir ini.

Berdasarkan unggahan di media sosial, ada informasi mengenai cicilan kuliah bulanan yang dikelola oleh pihak ketiga, dengan program cicilan selama 6-12 bulan tanpa persyaratan down payment (DP) dan jaminan, serupa dengan aplikasi pinjol lainnya.

Mengomentari kasus ini, Sri Mulyani menyatakan bahwa hal ini mencerminkan kebutuhan mahasiswa Indonesia akan pendanaan pendidikan.

BACA JUGA:

Meskipun pemerintah telah menyediakan berbagai beasiswa melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), namun masih ada mahasiswa yang memerlukan pinjaman untuk membayar uang kuliah.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa LPDP telah memberikan respons dengan menyediakan berbagai jenis beasiswa, termasuk beasiswa afirmasi untuk jenjang S1, seperti Bidikmisi. Namun, menyadari masih banyak mahasiswa yang membutuhkan pinjaman, pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan opsi student loan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*