Mau Jadi TNI dengan Titel Sarjana? Inilah 5 Jurusan di Akmil yang Setara D4

Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Tentara Nasional Indonesia (TNI) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu tahun ini mau lulus SMA dan ingin jadi TNI namun bertitel sarjana? Inilah 5 jurusan di Akmil yang setara dengan D4

Akademi Militer (Akmil) membuka pendaftaran taruna-taruni baru mulai tanggal 1 Februari 2024 mendatang.

Nantinya, selain menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua, sebagai lulusan Akmil, kamu juga akan memiliki kualifikasi akademik setara S1  dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Akmil sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan militer di Indonesia yang memiliki tugas utama untuk melatih calon-calon perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD.

BACA JUGA:

Lulusan pendidikan Akmil akan menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps atau kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton.

Berikut adalah 5 jurusan di Akmil tahun 2024 yang setara dengan D4:

1. Teknik Mesin Pertahanan

Jurusan di Akmil yang setara dengan D4 pertama adalah Teknik Mesin Pertahanan. Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan belajar banyak ilmu.

Seperti ilmu mekatronika, elemen mesin, termodinamika, balistika, motor bakar, hingga aerodinamika, dan propulsi.

Sebelum menjadi Perwira Teknik Mesin Pertahanan, kamu akan mempelajari semua ilmu tersebut sekaligus mempelajari keterampilan militer umum.

Seperti militer taktik, teknologi informasi, fisika terapan, kimia, dan statistika. Di akhir studi, taruna akan melaksanakan tugas akhir.

2. Teknik Elektronika Pertahanan

Selanjutnya adalah jurusan Teknik Elektronika Pertahanan Akmil. Bila mengambil jurusan ini, maka kamu akan mempelajari instrumentasi dan alat ukur, sistem mikrokontroler, dan elektronika dasar.

Kamu juga akan mempelajari teknik elektronika,hingga teknik digital. Tidak hanya itu, kamu pun akan dibekali ilmu-ilmu militer sebelum bertugas.

3. Manajemen Pertahanan

Jurusan Manajemen Pertahanan Akmil akan mempelajari banyak disiplin ilmu manajemen. seperti manajemen perubahan, sistem informasi manajemen, manajemen strategis, hingga perilaku organisasi.

Di samping itu, taruna yang mengambil jurusan ini juga akan mendapat ilmu militer. Di akhir studi, kamu akan diwajibkan menyusun tugas akhir untuk memperoleh gelar S.Tr.(Han).

4. Administrasi Pertahanan

Jurusan di Akmil yang setara dengan D4 selanjutnya adalah Administrasi Pertahanan. Ketika mengambil jurusan ini, maka kamu akan mempelajari banyak sekali disiplin ilmu administrasi.

Seperti pengembangan birokrasi, administrasi global, teori organisasi, hingga administrasi keuangan dan logistik.

Mengambil jurusan ini juga turut dibekali dengan ilmu-ilmu militer dan diwajibkan melaksanakan tugas akhir.

5. Teknik Sipil Pertahanan

Terakhir, ada Prodi Teknik Sipil Pertahanan yang digadang untuk mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya setelah lulus dan bertugas di satuan Zeni AD.

Di sini, kamu akan mempelajari keahlian teknik sipil, lain konstruksi bangunan, mekanika tanah dan teknik, struktur beton dan baja, hingga manajemen konstruksi.

Taruna Akmil di prodi ini juga akan menjalani pembinaan mental, jasmani militer, hukum dan perundangan, teknik dan taktik militer, menembak, militer umum, dan melaksanakan tugas akhir.

Itulah 5 jurusan di Akmil yang setara dengan D4 di mana nantinya kamu tidak hanya memiliki pangkat letnan 2 namun juga Sarjana Terapan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*