24 Januari, Hari Pendidikan Internasional, Inilah Tema dan Sejarahnya!

Hari Pendidikan Internasional. (dok.unesco)
Hari Pendidikan Internasional. (dok.unesco)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 24 Januari, kita rayakan Hari Pendidikan Internasional. Berikut tema, tujuan, dan sejarahnya!

Hari Pendidikan Internasional dicanangkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mencanangkan sejak 2018.

BACA JUGA:

Perayaan 2024

Pada tahun ini, Hari Pendidikan Internasional mengangkat tema “learning for lasting peace”.

Tema ini mengajak dunia yang sedang dilanda konflik kekerasan yang dibarengi dengan meningkatnya diskriminasi, rasisme, xenofobia, dan ujaran kebencian.

Dampak aneka kekerasan ini melampaui batasan apa pun, baik geografi, gender, ras, agama, politik, baik offline maupun online.

Maka, sudah saatnya pembelajaran juga diarahkan untuk perdamaian yang transformatif, dan membantu memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan keterampilan serta perilaku yang diperlukan untuk menjadi agen perdamaian di komunitas mereka.

Tujuan Hari Pendidikan Internasional 2024

  1. Memobilisasi negara-negara anggota UNESCO dan mitra-mitranya untuk menjadikan pendidikan sebagai agenda politik utama.
  2. Menghasilkan visibilitas di tingkat lokal dan global tentang pentingnya pendidikan yang memperkuat dan mempertahankan perdamaian.
  3. Mengadvokasi pendanaan domestik dan internasional yang lebih tinggi, terutama pendidikan untuk perdamaian.
  4. Menyoroti dan merayakan peran pemuda dan pendidik dalam dan melalui pendidikan dalam menciptakan perdamaian menuju masyarakat yang adil, inklusif, dan damai.
  5. Menyediakan platform untuk mendiskusikan prioritas dan tantangan pendidikan perdamaian dalam konteks meningkatnya krisis dan konflik global yang berkepanjangan.
  6. Mengumpulkan para influencer dan masyarakat sipil yang lebih luas untuk mendorong gerakan mewujudkan pendidikan menjadi pusat upaya pembangunan perdamaian lokal, nasional, regional dan global.
  7. Meningkatkan kesadaran akan pendekatan yang efektif dalam pendidikan untuk perdamaian dan memobilisasi komitmen untuk perdamaian implementasinya.

Sejarah Hari Pendidikan Internasional

Gagasan peringatan ini bermula pada 1989, di mana Konvensi Hak Anak menegaskan kewajiban semua negara untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi seluruh warganya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*