UKSW Naik Peringkat Nasional di Klasterisasi Mandiri untuk Riset dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Ist.)
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (Ist.)
Sharing for Empowerment

SALATIGA, KalderaNews.com – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) naik peringkat nasional di klasterisasi mandiri untuk kategori Riset dan Pengabdian Masyarakat

Hal ini berdasarkan pada Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023.

Keputusan tersebut berisi tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dari hasil keputusan itulah, maka UKSW berhasil masuk pada Klaster Mandiri. Tak banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil masuk pada Klaster Mandiri.

Total, hanya ada 47 PTN dan PTS di seluruh Indonesia yang masuk dalam Klaster Mandiri, yang merupakan klaster tertinggi bagi sebuah perguruan tinggi.  

BACA JUGA:

Atas prestasi ini, rektor UKSW Salatiga Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., menyatakan rasa syukurnya atas masuknya UKSW dalam Klaster Mandiri. 

“Kami bersyukur atas pencapaian kinerja klasterisasi riset yang meningkat dari Klaster Utama ke Klaster Mandiri. Kinerja ini adalah bagian dari Program Kerja Strategis Progressive and Outstanding,” katanya.

UKSW melaju menuju WCU

Tak lupa Intiyas juga menyatakan terima kasihnya atas kerja keras semua dosen dan mahasiswa dalam riset kolaborasi.

Bekerja  di bawah koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK), dan juga Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), tentu hasil ini patut diapresiasi.

“Dengan raihan ini kita akan terus melaju menuju World Class University (WCU-red),” ungkap Intiyas.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Rektor Bidang RIK, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom. ia juga menyampaikan rasa syukurnya atas anugerah yang kembali diterima UKSW.

“Bersyukur atas anugerah ini. Tetapi jangan sampai kita lengah, kita harus terus bekerja keras dan lebih cerdas,” katanya.

Selain itu, Direktur DRPM Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom.,mengatakan bahwa pencapaian UKSW ini menunjukkan hasil upaya berkesinambungan yang kampus lakukan.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan UKSW seperti meningkatkan riset internal, publikasi internasional bereputasi dan juga riset dengan pendanaan eksternal.

Disampaikannya, berbagai langkah taktis telah dilakukan UKSW melalui DRPM, yakni antara lain mengadakan bootcamp penulisan artikel ilmiah, sosialisasi dan juga bimbingan teknis (bimtek).

Ada juga mendampingi dosen untuk update data SINTA, serta pemberian insentif untuk publikasi jurnal bereputasi. 

“Langkah-langkah tersebut tetap akan kita lakukan ke depan, dan juga pastinya kita akan tingkatkan. Selain itu, di tahun 2024 ini kami akan mendorong internasionalisasi. Caranya dengan lebih mendorong lagi dan memprioritaskan riset publikasi yang melibatkan partner kita baik perguruan tinggi negeri dan swasta, terutama dari luar negeri,” papar Kristoko.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*