9 Tip Lolos SNBP 2024 yang Wajib Siswa Kelas 12 Ketahui

Siswa SMA. (Ist.)
Siswa SMA. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu saat ini kelas 12 SMA? Simak tip dan trik lolos Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP) 2024.

Memasuki akhir tahun, siswa SMA yang sedang duduk di kelas 12 SMA sudah perlu mempersiapkan dengan baik SNBP 2024 agar lulus.

Meski SNBP dibuka masih beberapa bulan lagi, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA:

Inilah tip lolos SNBP 2024:

1. Pilih program studi berdasar minat dan keahlian

Saat memilih program studi, perhatikan minat dan keahlian pribadimu. Kamu mungkin memiliki rata-rata nilai rapor yang lebih rendah, tetapi menonjol dalam satu atau dua mata pelajaran tertentu.

Jika kamu memiliki prestasi membanggakan dalam suatu mata pelajaran, pertimbangkan untuk memilih program studi yang berkaitan dengan keahlian tersebut.

Hal ini dapat memberikan keunggulan tambahan dibandingkan dengan teman sejawat dan meningkatkan peluang kesuksesan selama perkuliahan.

2. Telusuri rekam jejak alumni yang sudah lulus SNBP

Untuk memahami lebih dalam tentang prestasi SNBP, telusurilah rekam jejak alumni sekolah yang telah berhasil lulus.

Amati perjalanan mereka setelah SNBP dan perhatikan fakultas yang paling banyak diambil. Mungkin ada sekolah dengan mayoritas alumni yang berhasil lulus SNBP.

Kemudian melanjutkan ke fakultas kedokteran, keguruan, atau bahkan pertanian. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memilih fakultas yang sering diambil oleh alumni tersebut.

3. Pahami ketentuan dasar

Selanjutnya, yang merupakan langkah paling krusial bagi calon peserta SNBP 2024 adalah memahami ketentuan dasar yang berlaku.

Cari tahu dengan detail informasi terkait aturan SNBP 2024 yang dapat ditemukan melalui sumber resmi yang ada.

4. Analisis nilai rapor

Selanjutnya, kamu bisa menganalisis nilai rapor dengan merujuk pada kebijakan terbaru dari Kemendikbud Ristek.

Melakukan analisis sangat penting. Setelah melakukan analisis, hasilnya perlu disesuaikan dengan persyaratan jurusan kuliah yang diinginkan.

5. Sesuaikan nilai rapor dengan jurusan

Tip  mudah lolos SNBP 2024 berikutnya adalah menyesuaikan nilai rapor dengan jurusan kuliah yang menjadi pilihan.

Jika nilai rapor tidak memenuhi standar yang ditetapkan, bijak untuk mempertimbangkan jurusan lain yang sejalan dengan prestasi akademis.

6. Buat portofolio yang bagus

Penting juga untuk membuat portofolio yang bagus. Meskipun tidak semua jurusan menuntut portofolio, memiliki satu dapat memberikan nilai tambah yang signifikan.

7. Pantau jadwal SNBP 2024

Tip lolos SNBP 2024 selanjutnya adalah memantau jadwal SNBP 2024 dan membuat pengingat pada perangkat pintar atau tempat yang mudah diakses sangat penting.

Kerjasama dengan teman untuk saling mengingatkan tentang informasi terkait jadwal dan pendaftaran juga bisa memberikan manfaat.

8. Pastikan memenuhi semua persyaratan pendaftaran

Pastikan bahwa kamu sudah memastikan semua persyaratan pendaftaran terpenuhi, baik yang umum maupun khusus.

Semua persyaratan SNBP 2024 penting jika kamu ingin lolos. Jadi, pantau apa saja syarat yang dibutuhkan.

9. Tetap optimis dan berdoa

Penting untuk tetap optimis dan selalu berdoa sebagai langkah terakhir agar lolos SNBP 2024. Doa menjadi usaha yang tidak kalah penting.

Jangan lupa minta dukungan doa dari orang tua karena itu dapat menjadi pendorong untuk hasil yang positif dari segala upaya yang telah dilakukan.

Coba lakukan tip lolos SNBP 2024 ini jika kamu ingin menjadi mahasiswa dengan jurusan dan kampus impianmu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*