STIKES Akbidyo Gelar Sosialisasi Kesehatan, Angkat Isu Kesehatan Mental

Mahasiswa STIKES Akbidyo. (dok.kampus)
Mahasiswa STIKES Akbidyo. (dok.kampus)
Sharing for Empowerment

BANTUL, KalderaNews.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Akbidyo menggelar sosialisasi kesehatan mental untuk ibu hamil dan lanjut usia.

Sosialisasi tersebut merupakan program pengabdian kepada masyarakat sekaligus praktik kerja lapangan bersama kader kesehatan.

Acara digelar di Panggungharjo, Sewon, Bantul, pada beberapa waktu lalu. Sosialisasi diselenggarakan untuk mencegah stres pada ibu hamil.

BACA JUGA:

Mengingat stres pada ibu hamil bisa menjadi pemicu kelahiran prematur dan dapat menyebabkan kasus melahirkan bayi dengan berat tidak ideal.

“Banyak penelitian memperlihatkan stres pada ibu hamil bisa mengakibatkan bayi prematur hingga berat bayi rendah,” papar dosen STIKES AKBIDYO, Istri Bartini, S.SiT., MPH..

Kader kesehatan punya peran penting di masyarakat

Program pengabdian kepada masyarakat tersebut fokus pada dua bahasan, yakni kesehatan mental pada ibu hamil dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) serta kesehatan mental pada lansia.

Istri menambahkan dengan kondisi tersebut maka kader kesehatan memiliki posisi yang sangat penting.

Mereka perlu dibekali kajian dan tahu tentang gejala ibu hamil yang stres serta penangannya. Selain kader, support system perlu dilakukan pula oleh keluarga, orang-orang terdekat maupun masyarakat.

“Maka gejalanya perlu diwaspadai agar tidak berlanjut dan berdampak pada kehamilan,”tambahnya.

Sementara itu, Pri Hastuti, S.SiT., M.Keb yang menjadi tim pada kegiatan itu menjelaskan pentingnya masa lansia yang harus tetap produktif, sehat dan bahagia.

Salah satu upaya untuk menjaga lansia tetap sehat adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) , menjaga pola makan, olahraga sesuai kebutuhan, istirahat, serta cek kesehatan rutin.

 “Nah, secara mental lansia juga perlu diberikan support system melalui penguatan secara emosional, dukungan, dan perhatian keluarga agar kualitas hidupnya tetap terjaga,” kata Pri Hastuti.

Kegiatan yang dibuka oleh oleh Kasie Sosial Kalurahan Panggungharjo, Hosni Bimo, AMD., ini diikuti 60 kader kesehatan dari 14 dusun di Kalurahan Panggungharjo.

Para kader kesehatan yang menghadiri acara memberikan apresiasi dan sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*