STAIMAS Wonogiri Gelar Workshop Penulisan Jurnal Internasional, Strategi Jitu Tembus Scopus

Sharing for Empowerment

Tahapan untuk publikasi jurnal internasional

Masduki mengemukakan peta jalan menuju publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi (JIB). Pertama adalah dengan mengidentifikasi bahan baku tulisan.

Dosen bisa menggunakan laporan riset Prodi, Fakultas, Universitas, Dikti, dan lain-lain, riset tidak terstruktur, naskah publikasi dari skripsi/tesis/disertasi maupun tulisan akademik lain nya.

Setelah memiliki bahan baku, dosen bisa mencari peluang publikasi dan target jurnal dengan menentukan target jurnal yang sesuai dengan naskah.

Selanjutnya, dosen bisa memahami karakter jurnal yang menjadi target dengan membrowsing jurnal pada SJR, dan lainnya, cermati AIM dan SCOPE lalu pelajari author guidelines-nya.

Baru kemudian bisa mulai menulis, review, dan edit. Setelah itu, dosen bisa melakukan proofread naskah dan atau meminta kolega mereview naskah untuk kemudian disubmit ke jurnal target.

Masduki menjelaskan, setidaknya ada delapan tahapan after submission, yakni confirmation of submission, editor desk review (bisa ada bisa tidak),  in review process by anonymous reviewers.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*