“Kecerdasan Artifisial” Dinobatkan Sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2023, Berikut Alasannya

Artificial intelligence. (kalderanews.com)
Artificial intelligence. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Bahasa menetapkan “kecerdasan artifisial” atau “kecerdasan buatan” atau artificial intelligence sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2023.

Kecerdasan artifisial atau kecerdasan buatan adalah padanan dari frase artificial intelligence.

“Tahun ini ada 7 nominasi Kata Tahun Ini, yaitu konser, el nino, kendaraan listrik, kecerdasan buatan, adibahasa adiwangsa dan kata andal,” kata Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz.

BACA JUGA:

Dalam KKBI, kecerdasan artifisial atau kecerdasan buatan didefisikan sebagai ‘program komputer dalam meniru kecerdasan manusia, seperti mengambil keputusan, menyediakan dasar penalaran, dan karakteristik manusia lainnya’.

Alasan dijadikan Kata Tahun Ini 2023

Ada sejumlah alasan kecerdasan artifisial atau kecerdasan buatan dipilih sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2023, seperti popularitas tinggi, kebaruan, dan distribusi penggunaan di berbagai bidang.

Pada 2023 muncul banyak perusahaan teknologi informasi yang meluncurkan produk berbasis kecerdasan artifisial untuk masyarakat.

Berdasarkan pencarian Google untuk halaman berbahasa Indonesia selama satu tahun terakhir, “kecerdasan artifisial” atau “kecerdasan buatan” muncul dalam berbagai literatur digital.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*