ATVI Ubah Paradigma Siswa SMAN 1 Ciseeng dalam Menentukan Masa Depan Melalui Ekspo Kampus

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) di ekspo kampus yang diadakan di SMAN 1 Ciseeng pada Rabu, 29 November 2023
Akademi Televisi Indonesia (ATVI) di ekspo kampus yang diadakan di SMAN 1 Ciseeng pada Rabu, 29 November 2023 (KalderaNews/Dok. ATVI)
Sharing for Empowerment

BOGOR, KalderaNews.com – Ekspo kampus adalah program sebuah pameran atau gelaran yang biasanya dilakukan oleh OSIS yang bekerja sama dengan alumni yang menghadirkan berbagai perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan atau keinginan para pelajar yang biasanya digelar di lapangan sekolah.

Tujuan utama yang diharapkan dengan adanya pagelaran dari berbagai kampus ini adalah untuk memotivasi dan menginspirasi para pelajar agar mengikuti jejak alumninya untuk masuk perguruan tinggi.

Ekspo kampus ini sangat penting diadakan pada sekolah jenjang SMA dan sederajat, karena siswa SMA yang memang disiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ini harus memiliki wawasan tentang perguruan tinggi yang dapat menyalurkan impian untuk meraih masa depannya.

BACA JUGA:

Pentingnya kegiatan ini dilakukan karena juga siswa SMA masih labil dalam menentukan pilihannya. Terkadang mereka mengikuti ajakan teman-temannya sehingga arah tujuannya tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki siswa tersebut.

Ini akan berakibat siswa bisa putus di tengah jalan atau siswa tersebut mengikuti perkuliah tanpa makna, hanya menuntaskan kewajiban, maka setelah lulus nanti siswa tersebut tidak punya tujuan ke mana arah dia sebenarnya.

Berdarkan kebutuhan tersebut di atas maka SMA Negeri 1 Ciseeng di bawah pengawasan Kepala Sekolah Cicih Sukarsih, M.Pd., maka Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum serta BK berkolaborasi mewujudkan kegiatan Ekspo Kampus yang telah menjadi impian seluruh warga sekolah dengan sasaran utama adalah kelas XII yang akan lulus nantinya.

Sebab dari hasil analisis selama ini, alasan siswa tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi adalah dari segi finansial karena keadaan orang tuanya yang tidak mampu menyekolahkan anaknya. Selain itu juga membuka wawasan orang tua siswa yang masih rendah tentang perguruan tinggi.

Meskipun pada kelas XI sekolah juga mengadakan program Goes To Campus (GTC) yang pelaksanaannnya tentu sangat berbeda dengan ekspo kampus. Kalau GTC tidak dapat dialami oleh semua siswa karena yang mendapatkan pencerahan ke perguruan tinggi, sedangkan dengan program ekspo kampus dipastikan semua siswa dapat mengikuti dan menyaksikan presentasi dari perguruan tinggi yang bisa bergabung dengan sekolah tersebut.

Ekspo kampus diadakan oleh SMAN 1 Ciseeng pada Rabu, 29 November 2023. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan meriah dengan dihadiri oleh 15 kampus sebagai partisipan. ATVI (Akademi Televisi Indonesia) sebagai institusi vokasional bidang media terdepan di Indonesia ikut menyukseskan dengan memberikan penjelasan kepada peserta yang antusias datang ke booth ATVI.

Informasi seperti mata kuliah unggulan yang akan didapat di Prodi D4 Produksi Media antara lain Menulis Kreatif, Produksi Streaming, Menulis Kreatif dan Kewirausahaan Media. Selain itu ATVI yang berlokasi di Jalan Damai Nomor 11, Jakarta Barat, juga memiliki Program D3 Komunikasi Massa peminatan Digital Media Advertising dengan sistem perkuliahan hybrid yang cocok jika ingin bekerja sambil kuliah. Kedepannya ATVI akan menjadi Institut Media Digital EMTEK dengan 3 (tiga) prodi baru yaitu S1 Bisnis Digital. S1 Seni Pertunjukan dan S1 Kajian Film, Televisi dan Media.

Ekspo kampus perdana yang digelar oleh SMAN 1 Ciseeng ini menjadi acuan untuk mewujudkan mimpi ke depan yaitu ingin meningkatkan kuantitas siswa yang masuk ke perguruan tinggi baik itu perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta. Yang paling utama adalah siswa dapat mengubah paradigmanya tentang pandangan hidupnya untuk masa depan. Dan siswa dapat menentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhannya, dan sesuai dengan kemampuannya dalam segala aspek.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*