Teliti Obat untuk Udang, Mahasiswa UMM Raih Medali di PIMNAS 2023

Mahasiswa UMM Raih Medali di PIMNAS 2023.(dok.UMM)
Mahasiswa UMM Raih Medali di PIMNAS 2023.(dok.UMM)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang meraih 2 medali di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 di Bandung.

Medali emas diraih untuk kategori poster terbaik. Sementara, medali perunggu untuk kategori presentasi program kreativitas mahasiswa riset eksakta (PKM-RE).

BACA JUGA:

Teliti obat untuk udang, ekspor andalan Indonesia

Lely Ayu Puspandari selaku ketua tim sangat bangga dan bahagia atas prestasi yang timnya menangkan.

Mereka mengangkat tema ‘Potensi Bakteriofage Hepatopankreas dan Serasah Mangrove sebagai Inovasi Teknologi Kontrol Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease Penyebab Kematian Total Litopenaeus Vannamei’.

Latar belakang dilipihnya tema itu karena mereka melihat adanya penurunan jumlah produksi udang vaname beberapa tahun ke belekang.

Salah satu alasan terbesarnya yakni penyalim AHPND yang terjadi di tambak udang. Padahal udang merupakan ekspor andalan Indonesia.

 “Pencegahan penyakit ini masih belum efektif. Sehingga kami menawarkan solusi lewat penelitian kami ini,” jelas Ayu. 

Terkait persiapan, mahasiswi akuakultur itu menjelaskan, timnya sudah melakukan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari.

Termasuk berlatih presensasi dan membuat desain poster yang menarik dan informatif. Ia merasa beruntung karena UMM memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa yang lolos Pimnas.

Ia bersyukur kampus memberinya dukungan baik dari aspek materiil maupun non materiil.

“Bisa dibilang, persiapan kami cukup singkat namun kami memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Untungnya Biru kemahasiswa UMM menyediakan beragam kebutuhan sejak sebelum, saat, hingga pasca mengikuti rangkaian acara Pimnas. Kami juga berterimakasih pada Bapak Soni Andriawan yang membimbing kami dengan sabar dan juga atas arahan yang bagus,” ungkapnya.

Terakhir, ia berpesan pada seluruh anak-anak muda, termasuk mahasiswa UMM, untuk terus menciptakan inovasi.

Terutama penemuan-penemuan yang bisa memajukan dan membangun negeri. Menurutnya, tidak perlu ragu dan takut menunjukkan minat serta bakat yang dimiliki.

“Apalagi UMM senantiasa memberikan wadah terbaik bagi mahasiswanya. Ada puluhan bahwan ratusan kegiatan yang bisa diikuti,” pungkasnya.

Ayu tidak sendiri meraih kemenangan itu. Ia ditemani Ike Trisdayanti dan Thesa Lonicha Kitvirul A’ini dari prodi Akuakultur Salsabila Roihanah dari prodi Pendidikan Biologi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*