UNISA Selenggarakan Pengabdian di Banyumas, Kembangkan Budidaya Ikan

Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. (Dok. Unisa)
Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. (Dok. Unisa)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta melakukan kegiatan pengabdian untuk kembangkan potensi budidaya perikanan di Banyumas.

Melalui Tim Pengabdian, Unisa Yogyakarta mengadakan pengabdian masyarakat di kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Sida, Desa Sida Mulih, Rawalo, Banyumas.

Rangkaian kegiatan ini dilangsungkan di wilayah Pokdakan Mina Sida Karya satu pengurus desa wisata dari Juli hingga Oktober 2023.

BACA JUGA:

Berikan program pengabdian untuk budidaya ikan

Kegiatan tersebut melibatkan Pokdakan Mina Sida Karya yang beranggotakan 8 orang. Tim tersebut dinamakan Intan Marsekal.

Adapun tim terdiri dari Arif Bimantara (Prodi Bioteknologi), M. Nurdin Zuhdi (Prodi Fisioterapi), Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali (Prodi Ilmu Komunikasi).

Kemudian ada Rinta Arina Manasikana, Dyas Ilham, Raka Al Marij, Nizar Abdurrafi, Najjiya Tsalitsa Maqdisa Mahmuds, dan Erpika Ambar Wahyuningsih.

Tim Intan Marsekal memberikan materi dan pelatihan kepada anggota Pokdakan Mina Sida Karya.

“Mitra sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang dengan baik sehingga produktivitas budidayanya dapat meningkat. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola budidaya gurame, maka usaha yang dilaksanakan selalu kurang optimal,” jelas Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech selaku ketua tim pengabdian masyarakat.

Arif menambahkan bahwa program intensifikasi budidaya perikanan mandiri berbasis sumberdaya lokal (INTAN MARSEKAL) bertujuan untuk mengoptimalkan potensi.

Sehingga mitra bisa menggali potensi untuk meningkatkan produktivitasnya. Program pengabdian yang dilaksanakan meliputi workshop intensifikasi budidaya perikanan, pembuatan sumur bor.

Kemudian ada juga workshop produksi pakan mandiri berkelanjutan dan workshop digital branding.

“Program Intan Marsekal sangat membantu kami dalam mengelola budidaya ikan gurame. Selama ini kami masih menggunakan cara tradisional dalam menjadalankan budidaya, setelah mengikuti kegiatan pengabdian terdapat banyak hal yang perlu kami benahi”, kata Ruswanto selaku Kepala Pokdakan Mina Sida Karya.

Ruswanto menyatakan sangat gembira mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

Dalam hal ini UNISA Yogyakarta, dalam meningkatkan produktivitas usaha dari kelompok yang ia pimpin.

UNISA Yogyakarta menjadikan program pengabdian menjadi kewajiban bagi seluruh dosen agar ilmu yang dimiliki dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*