Sejumlah Rektor, Wakil Rektor dan Perwakilan Universitas dari Indonesia Hadiri NL-Knowledge House Dialogue di KBRI Den Haag Belanda

Sharing for Empowerment

Ia menyampaikan Pendirian STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen) di Batavia dan Bandoeng Hogeschool Institut atau Institut Teknologi Bandung pada era kolonial adalah bagian dari sejarah Pendidikan Tinggi Indonesia yang terhubung dengan Belanda.

Sejak awal tahun 2000-an, kerjasama antara Indonesia dan Belanda di sektor pendidikan tinggi dan penelitian telah diperkuat.

“Sebagai contoh, kerjasama melibatkan beasiswa untuk Indonesia melalui program STUNED, inisiasi berbagai program gelar bersama dan program gelar ganda, serta Program Ilmiah Indonesia Belanda (SPIN) yang diluncurkan oleh KNAW.”

Dalam 6 tahun terakhir atau lebih, LPDP, Kementerian Pendidikan, dan beberapa kementerian di Indonesia telah meluncurkan program beasiswa yang mengirimkan pemuda Indonesia ke universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia, termasuk ke Belanda.

Selain itu, banyak keluarga juga mengirimkan anak-anak tercinta mereka untuk belajar di Belanda melalui skema pendanaan sendiri.

Saat ini ada sekitar 2.500 mahasiswa Indonesia yang belajar di Belanda. Ini terdiri dari sekitar 400 mahasiswa doktor, 1.100 mahasiswa magister, dan 1.000 mahasiswa sarjana. Angka ini dapat meningkat ketika kerjasama antara universitas Belanda dan Indonesia diperkuat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*