Kepala BRIN: Talenta Unggul Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

Sharing for Empowerment

“Kita tidak akan bisa menciptakan lulusan S1, S2, atau S3 yang berkualitas tanpa mereka terlibat dalam aktivitas riset tingkat tinggi,” tegasnya.

23 kampus siap tingkatkan kapasitas SDM

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahamanan dan Perjanjian Kerja Sama antara BRIN dan 23 Perguruan Tinggi yang hadir.

Penandatangan kerja sama ini adalah rangkaian kegiatan yang sudah berjalan sebelumnya, di mana sebanyak 200 perguruan tinggi telah resmi menandatangani kerja sama serupa.

Dalam kerjasama ini, BRIN memiliki tiga peran, yakni sebagai penyedia rekomendasi kebijakan, peran funding agency, dan excuting agency.

Upaya kolaborasi yang telah diwujudkan antara BRIN, Perguruan Tinggi, dan industri telah menghasilkan 23 pusat kolaborasi riset, terakhir diresmikan pusat riset arkeologi di Sulawesi Selatan.

Dalam wacana Indonesia Emas 2045, BRIN bersama Bappenas sedang memfinalisasi regulasi manajemen talenta nasional yang mencakup bidang industri dan inovasi, seni dan budaya, serta olahraga.

Selain itu, BRIN telah meluncurkan berbagai skema, seperti engagement talenta muda, pendanaan riset, program transisten, degree by research, dan program apresiasi untuk penggiat riset dan inovasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*