Kampus Bill Clinton, Georgetown University Akan Hadir di Indonesia Tahun 2024

Kampus Georgetown University. (dok.kampus)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, Georgetown University akan hadir di Indonesia pada tahun 2024. Semoga tidak mundur!

Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum di Georgetown University di Washington DC.

“Indonesia dan Georgetown University akan menjalin kerja sama. Georgetown University rencana membuka kampus di Indonesia tahun 2024. Semoga tidak mundur,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi berharap, lulusan Georgetown University di Indonesia bisa menjadi presiden, seperti Bill Clinton.

Sejarah Georgetown University

Universitas ini merupakan lembaga pendidikan tinggi Katolik dan Jesuit tertua di Amerika Serikat.

Kampus ini didirikan John Carroll. Pada 1789, Carroll mendapatkan akta tanah seluas satu hektar di Desa Georgetown. Lalu, ia diangkat menjadi Uskup Agung Baltimore pada 1808.

Kelas pertama dimulai pada 1792. Pada 1817, kampus ini memberikan dua gelar sarjana pertamanya.

Akibat Perang Saudara (1861-1865), hampir membuat Georgetown tutup, lantaran jumlah mahasiswa berkurang dari 313 menjadi 17.

Usai Pertempuran Bull Run Kedua di Manassas, Virginia, pada 1862, beberapa gedung kampus diubah menjadi rumah sakit sementara.

Nah, untuk menandai berakhirnya perang saudara, siswa Georgetown memilih warna biru dan abu-abu sebagai warna resmi sekolah pada 1876.

Kampus Georgetown mendirikan fakultas kedokteran pada 1851 dan fakultas hukum pada tahun 1870.

Perluasan kampus berlanjut sampai abad ke-20, dengan dibukanya fakultas kedokteran gigi pada 1901, fakultas keperawatan pada tahun 1903, dan fakultas pelayanan luar negeri pada tahun 1919.

Mula-mula, kampus ini hanya menerima mahasiswa laki-laki.Mahasiswa perempuan diterima di perguruan tinggi ini pertama kalinya pada 1969.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*