Vokasi USD Kembangkan Kursi Roda Cerdas dengan Perintah Gelombang Otak untuk Pasien Stroke Lumpuh

Sharing for Empowerment

Berkat hibah Matching Fund Vokasi, USD sebagai perguruan tinggi maupun PT. Helber Elektronika Indonesia sebagai mitra industri dapat saling melengkapi dan mewujudkan hilirisasi hasil inovasi penelitian, sehingga hasil riset tidak mandeg hanya sebagai prototipe.

Selain itu, tentunya bagi penderita stroke yang lumpuh, teknologi ini akan dapat meningkatkan kemandirian mereka khususnya dalam hal mobilitas, yaitu memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari tanpa bantuan eksternal yang terlalu banyak.

Namun demikian teknologi yang banyak memberi dampak postif ini tentunya masih membutuhkan pengembangan dan dukungan lebih jauh, khususnya jika akan dikembangkan menjadi produksi massal yang bisa digunakan untuk membantu lebih banyak penderita stroke. Perbandingan cost-benefit tentu menjadi pertimbangan.

”Hasil rekacipta yang juga melibatkan mahasiswa Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika ini masih perlu dikembangkan dan didukung dari sisi pembiayaan. Biaya produksi yang muncul dari pengembangan kursi roda mulai bahan baku, teknologi, pengujian, perijinan, dan pemasaran memang cukup besar.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*