Vokasi USD Kembangkan Kursi Roda Cerdas dengan Perintah Gelombang Otak untuk Pasien Stroke Lumpuh

tim hibah Matching Fund Fakultas Vokasi USD bekerjasama dengan PT. Helber Elektronika Indonesia, berhasil mengembangkan kursi roda cerdas dengan penggunaan teknologi BCI (brain computer interface
Tim hibah Matching Fund Fakultas Vokasi USD bekerjasama dengan PT. Helber Elektronika Indonesia, berhasil mengembangkan kursi roda cerdas dengan penggunaan teknologi BCI (brain computer interface) (KalderaNews/Dok. USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Selama ini permasalahan penyediaan alat bantu bagi pasien stroke dalam menjalankan aktivitas sehari-hari belum memperoleh perhatian yang memadai.

Seperti diketahui, penyakit stroke termasuk dalam 3 besar penyakit disabilitas yang dapat berakibat fatal bahkan kematian.

Beranjak dari fakta itu, tim hibah Matching Fund Fakultas Vokasi USD bekerjasama dengan PT. Helber Elektronika Indonesia, berhasil mengembangkan kursi roda cerdas dengan penggunaan teknologi BCI (brain computer interface).

BACA JUGA:

Teknologi ini memberikan alternatif solusi yang lebih baik dalam penyediaan bantuan mobilitas bagi pasien stroke yang lumpuh dari bahu ke bawah dalam beraktivitas.

Prototipe kursi roda berbasis pengolahan sinyal otak (mindwave) ini diintegrasikan dengan sensor MPU6050, ultrasonik, GPS, dan IoT (Internet of Things).

Sensor MPU6050 (kombinasi accelerometer dan gyroscope) digunakan untuk mendeteksi pergerakan kepala, yang diintegrasikan dengan sinyal atensi dari mindwave, untuk merespon keinginan pengguna dalam mengendalikan kursi roda, termasuk dalam mengubah arah dan kecepatan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*