Kunjana Rahardi Jadi Guru Besar Ilmu Bahasa Universitas Sanata Dharma

Prof. Dr. Kunjana Rahardi, M.Hum, Guru Besar Ilmu Bahasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, USD. (dok.USD)
Prof. Dr. Kunjana Rahardi, M.Hum, Guru Besar Ilmu Bahasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, USD. (dok.USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Prof. Dr. Kunjana Rahardi, M.Hum., diangkat sebagai Guru Besar Ilmu Bahasa, Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta.

Kepala LLDIKTI Wilayah V Prof. drh. Aris Djunaidi, Ph.D menyerahkan SK Kemendikbudristek No 61556/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen Universitas Sanata Dharma.

Melalui SK tersebut ditetapkan Prof. Dr. Kunjana Rahardi, M.Hum., sebagai Guru Besar Ilmu Bahasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, USD.

BACA JUGA:

“Selamat untuk Prof. Kunjana atas gelar barunya. Prestasi ini menjadi bukti keunggulan Prof Kunjana, dan USD dalam bidang ilmu bahasa, dan karyanya memberikan kontribusi yg positif untuk ilmu dan pendidikan di Indonesia,” ujar Prof. Aris Djunaidi.

Tahun istimewa bagi USD

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana SJ, S.S., Ph.D. menyampaikan rasa bahagia dan harapannya atas pencapaian ini.

“Saya berharap melalui pencapaian ini, Prof. Kunjana dapat semakin memberikan pencerahan bagi anak-anak di luar sana untuk mempelajari kekayaan kita, dan dunia bisa mengetahui kesastraan Indonesia,” ujar Bagus Laksana.

“Proficiat untuk Prof. Kunjana, semoga gelar keprofesoran ini menyemangati banyak diantara kita untuk kedepannya bisa di tahap yang sama,” imbuhnya.

Rektor Bagus Laksana menambahkan bahwa pencapaian gelar akademik ini memperkuat peran USD dalam pelayanan pendidikan di masyarakat.

“Ini adalah tahun yg istimewa, karena USD mendapat banyak profesor baru sehingga semakin banyak cakupan akademis dan ilmiah baru pula untuk semakin melayani masyarakat. Pencapaian ini tentu akan meningkatkan mutu USD dan menjadi realisasi renstra kita melalui bidang bahasa,” katanya.

Pergeseran paradigma dan perspektif studi bahasa

Sementara, Prof. Kunjana mengungkapkan latar belakang dan pergulatan ilmiahnya sebagai seorang ilmuwan bahasa.

Ilmu bahasa, katanya, terus berdinamika, bergeser mengikuti guliran waktu dan perkembangan zaman.

Paradigma studi bahasa bergeser dari formalisme, fungsionalisme, dan kini berada dalam paradigma pasca fungsional dalam studi bahasa.

“Karya-karya publikasi hasil-hasil riset terhadap dinamika pergeseran paradigma dan perspektif studi bahasa itulah yang akhirnya dapat mengantarkan saya menjadi Guru Besar atau profesor di bidang ilmu bahasa ini,” ungkap Prof. Kunjana.

“Dengan segala kerendahan hati saya mohon doa restu, semoga saya dapat mengemban tanggung jawab sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu bahasa dengan penuh dedikasi, penuh semangat dan tanggung jawab, demi kamajuan ilmu bahasa dan pendidikan bahasa bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*