7 November, Peringatan Hari Wayang Nasional, Begini Sejarahnya

Hari Wayang Nasional. (Ist.)
Wayang kulit (KalderaNews/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 7 November diperingati sebagai Hari Wayang Nasional. Begini Sejarah penetapan Hari Wayang, warisan budaya Indonesia yang telah mendunia.

Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang terus dilestarikan sampai kini.

BACA JUGA:

Dan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 ditetapkan Hari Wayang Nasional pada 7 November.

Mengapa 7 November?

UNESCO menetapkan wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Penetapan Hari Wayang Nasional setiap 7 November berasal dari usulan masyarakat, ekosistem komunitas pewayangan Indonesia melalui Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia).

Hal ini berdasarkan keputusan UNESCO yang menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003.

Nilai-nilai intangible wayang seperti memayu hayu bawana (membuat tatanan dunia yang damai), jiwa kesatria, budi luhur, kesempurnaan hidup, harmoni adalah falsafah Timur yang bisa dikaji untuk memperkaya falsafah Barat.

Peringatan ini merupakan momentum puncak kesadaran, persatuan, kecintaan masyarakat Indonesia dalam melestarikan, mengembangkan serta mengkaji wayang.

Penetapan Hari Wayang Nasional 7 November bisa mendorong masyarakat meningkatkan apresiasi terhadap wayang sebagai aset budaya nasional.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*