Universitas Bunda Mulia Gelar Festival PsyCogi 2023, Menyoal AI dalam Media Jurnalistik

Universitas Bunda Mulia
Universitas Bunda Mulia (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Universitas Bunda Mulia (UBM) Kampus Serpong menggelar seminar “The Power of Media in Digital Era”. Hadirkan jurnalis senior.

Seminar ini merupakan rangkaian dari Festival PsyCogi 2023 bertemakan “Human and Media Power”.

Festival PsyCogi 2023 adalah kegiatan dari tiga program studi (prodi) UBM Kampus Serpong yakni: Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Bisnis Digital.

BACA JUGA:

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan guna mengubah pola dan cara menggunakan media sosial ke arah yang lebih positif dan produktif.

Rangkaian festival yang dilaksanakan selama empat hari ini menyajikan berbagai kegiatan di antaranya seminar nasional, berbagai kompetisi melibatkan SMA, SMK, dan universitas dari berbagai daerah seperti Bali, Sumatera Barat serta Sumatera Selatan.

AI dalam media massa

Pembicara jurnalis senior, Desi Anwar menyoal kemunculan kecerdasan buatan atau AI.

Dewi Anwar mengatakan, stasiun televisi masih belum sepenuhnya dapat berkolaborasi dengan kecerdasan buatan.

Karena, lanjutnya, media masih berpegang pada prinsip kredibilitas dan akuntabilitas yang merupakan dua pilar penting jurnalisme.

“Kami masih mengacu pada prinsip kredibilitas dan akuntabilitas untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada media dan menjaga standar etika dalam industri ini,” kata Desi Anwar.

Ia pun menegaskan pentingnya menjaga kejujuran dan kualitas dari produk jurnalistik yang dihasilkan media.

Desi juga menambahkan perlunya masyarakat untuk bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang semakin masif.

“Saya rasa masyarakat kita semua sekarang harus bersikap bijaksana untuk menghadapi kecerdasan buatan ini, karena teknologi memang memudahkan kita berinteraksi secara digital,” kata Desi Anwar.

“Tetapi, tidak menutup kemungkinan dari beberapa kasus, kecerdasan buatan dapat digunakan untuk tindakan-tindakan kriminal,” ujar Desi Anwar.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*