Peringati Hari Pangan Sedunia 2023, Unpas Gaungkan Kearifan Pangan Lokal

Petani sedang memanen bibit padi siap tanam
Petani sedang memanen bibit padi siap tanam (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2023, Universitas Pasundan alias Unpas menggelar seminar tentang kearifan pangan lokal.

Seminar nasional itu diberi tema “Indigenous Knowledge untuk Pengembangan Kearifan Pangan Lokal” sebagai bentuk perhatian terhadap pangan lokal.

Acara yang diselenggarakan pada hari Senin 23 Oktober 2023 tersebut menghadirkan banyak narasumber dan keyonote speaker.

BACA JUGA:

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. hadir dalam acara seminar sebagai Keynote Speaker.

Kemudian ada narasumber Ketua Umum GAPMMI Ir. Adhi S. Lukman dan Ketua Aliksa Organik SRI Consultant Ir. Alik Sutaryat, M.P.

Keamanan, ketahanan, dan kedaulatan pangan

Prof. Dr. Ir. Tien R. Muchtadi menjelaskan bahwa pengetahuan civitas akademika di perguruan tinggi mengenai pengembangan kearifan pangan lokal sangat penting.

Ketua Prodi Magister Teknologi Pangan tersebut menjelaskan bahwa pengembangan ini berperan untuk transformasi sistem pangan berkelanjutan.

“Jadi indigenous knowledge-nya ada di kita (perguruan tinggi) dan saya harap hal tersebut akan ditindaklanjuti oleh mahasiswa. Pada kesempatan yang sama, kami juga membuka bazar produk pangan, pameran poster penelitian, dan konsultasi produk gratis untuk pelaku UMKM,” jelasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*