4 Perbedaan PPG dan Sertifikasi Guru yang Perlu Dipahami

Sharing for Empowerment

Maka dari itu, program ini didesain untuk mengukur kompetensi guru. Selain itu, program tersebut juga mendorong guru untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan di bidang pendidikan. 

Waktu

Perbedaan lain juga ada pada waktu dari kedua program yang ada. Umumnya PPG lebih terdiri dari berbagai jenis dan penyelenggaraannya berlangsung antara 1 hingga 2 tahun ke depan. 

Sedangkan sertifikasi guru umumnya berlangsung kurang dari 1 tahun saja. Dalam waktu tersebut, melibatkan berbagai hal mulai dari ujian tulis, observasi pengajaran dan portofolio guru. 

Materi dan Fokus Programnya

PPG memberikan materi terkait ilmu psikologi, metode pengajaran, pembelajaran dan pendidikan.

Maka dari itu pembelajarannya lebih ke teori dan praktik mengajar yang lebih efektif dan terus berkembang. 

Sedangkan sertifikasi lebih fokus ke penilaian kompetensi guru yang telah berpengalaman. Bentuk materinya lebih ke penilaian belajar, manajemen kelas, pengembangan kurikulum dan yang lainnya. 

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*