Ini Bukti Nyata Anak-anak Muda Peduli Isu Iklim, Ekonomi Biru, Polusi Laut dan Tata Kelola Laut

Keluarga nelayan di Pantai Ora
Keluarga nelayan di Pantai Ora (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

NUSA DUA, KalderaNews.com – Sejumlah anak muda dari negara-negara pulau dan kepulauan sejatiya peduli dengan aksi iklim berbasis kelautan, mendorong ekonomi biru yang berkelanjutan, memberantas polusi laut, dan mengintegrasikan tata kelola laut yang inklusif dan antargenerasi.

Komitmen ini disampaikan Perwakilan Delegasi Pemuda AIS dari Mauritius, Yuv Sungkur di sela-sela sesi working luncheon Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 11 Oktober 2023.

Yuv Sungkur menyampaikan bahwa para delegasi muda telah berkumpul pada 6-7 Oktober 2023 dan menyepakati Deklarasi Pemuda AIS yang pertama. Deklarasi tersebut merupakan dokumen penting yang akan menjadi pencapaian bersejarah bagi negara kepulauan, berisi pernyataan dari 26 delegasi yang mewakili Karibia, Pasifik, dan Samudra Hindia.

BACA JUGA:

Dalam deklarasi tersebut, Yuv Sungkur menyebut, empat tema strategis utama dibahas dan disepakati, yakni mendukung aksi iklim berbasis kelautan, mendorong ekonomi biru yang berkelanjutan, memberantas polusi laut, dan mengintegrasikan tata kelola laut yang inklusif dan antargenerasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*