Mengenal Jalur Gaza, Inilah Sejarah Wilayah yang Selalu Jadi Rebutan

Sharing for Empowerment

Pemerintahan Palestina yang dipimpin oleh Yasser Arafat berjuang dengan sejumlah permasalahan, seperti stagnasi ekonomi, perpecahan dukungan rakyat, dan terhentinya negosiasi dengan Israel mengenai penarikan pasukan dan teritorial.

Ditambah adanya ancaman dari kelompok militan muslim seperti Jihad Islam dan Hamas yang menolak berkompromi dengan Israel.

Dimulai pada akhir tahun 2000, kegagalan negosiasi antara Otoritas Palestina dan Israel diikuti oleh pecahnya kekerasan yang lebih ekstrem, yang disebut intifada kedua.

Pada September 2005, Israel menyelesaikan penarikan pasukan dan menyerahkan kendali atas Jalur Gaza dialihkan ke Otoritas Palestina.

Meskipun demikian, Israel terus berpatroli di perbatasan dan wilayah udaranya dengan alasan mempertahankan kendali atas perbatasan Gaza, menghalangi semakin kuatnya Hamas, dan melindungi warga Israel dari serangan roket Palestina.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*