Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), Orang Tua Wajib Tahu

Pelajar Sekolah Dasar. (Ist.)
Pelajar Sekolah Dasar. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, Kalderanews.com – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) bisa menjadi pilihan orangtua. Inilah kelebihan dan kekurangan SD IT yang wajib orangtua ketahui.

Sebelum memasukkan anak ke sekolah, orang tua perlu mengetahui seluk beluk tentang sekolah yang akan dituju. Termasuk perihal kelebihan dan kekurangannya.

Untuk SD IT sendiri lebih diminati karena memiliki sistem pembelajaran yang lebih kompleks. Mengingat selain kurikulum nasional, SD IT juga menerapkan pendekatan Islami.

BACA JUGA:

Simak Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Dasar Islam Terpadu

Setiap sekolah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan SD IT yang umum.

Kelebihan SD IT

  1. Ilmu Agama yang Kuat

Tidak diragukan lagi bahwa SD IT merupakan pilihan yang tepat untuk anak-anak belajar agama. Karena peserta didik tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan umum , namun juga keagamaan yang kompleks.

  1. Membentuk Karakter

Mayoritas SD IT mengutamakan pendidikan akhlak kepada peserta didiknya. Jika dibekali dengan akhlak, maka karakter anak akan terbentuk sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

  1. Banyak Kegiatan Positif

Sekolah Islam tidak hanya melakukan aktivitas di dalam kelas saja. Pengajar di sekolah Islam biasanya mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan di luar kelas dengan komposisi yang baik.

  1. Jenjang Pendidikan yang Lengkap

Umumnya sekolah jenis ini menyediakan jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Dengan begitu, orang tua tidak perlu lagi mencari sekolah baru jika anaknya akan masuk ke jenjang berikutnya.

Kekurangan SDIT

  1. Jadwal Padat

SDIT biasanya menerapkan pembelajaran yang cukup padat pada anak didiknya. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah jika orang tua tidak merasa keberatan dengan kegiatan anak di sekolah.

  1. Anak Kelelahan

Anak-anak rentan kelelahan jika mengikuti seluruh kegiatan yang terdapat di sekolah Islam. Namun, tidak semua kegiatan wajib diikuti. Biasanya ada beberapa kegiatan yang sifatnya pilihan.

  1. Biaya yang Relatif Mahal

Berbagai kelebihan di SD IT diikuti biaya sekolah yang cukup mahal. Fasilitas dan sistem yang terdapat di dalamnya memang kerap memakan biaya. Sehingga orang tua harus menyiapkan dana pendidikan lebih banyak.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan SD IT. Orang tua perlu memahami poin-poin di atas agar lebih siap dengan setiap konsekuensinya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*