Dilantik Lagi Jadi Rektor UAD, Profesor Muchlas Targetkan Jumlah Mahasiwa Baru Capai 8000 Orang

Prof. Dr. Muchlas, M.T, Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD). (Dok.UAD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Profesor Muchlas kembali dilantik sebagai Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) periode jabatan 2023-2027 pada Senin, 9 Oktober 2023.

Pelantikan ini menjadi kali kedua untuk Muchlas. Ia bertekad untuk meningkatkan jumlah mahasiswa di UAD dan menciptakan prestasi selama empat tahun ke depan.

Pada acara ini,  Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Bambang Setiaji, melantik Prof. Dr. Muchlas, M.T.

BACA JUGA:

Pelantikan ini disaksikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si dan Kepala LLDIKTI Wilayah V DIY Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D.

Prof Muchlas Targetkan Peningkatan Jumlah Maba di UAD

Dalam pelantikannya di periode kedua ini, Muchlas ingin UAD bisa meningkatkan jumlah mahasiswa baru atau maba.

Muchlas mengakui saat ini kampus swasta menghadapi sejumlah tantangan dengan adanya penurunan jumlah mahasiswa baru di 2023.

Hal ini terjadi  di semua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Jogja. Tidak hanya di Jogja saja, namun juga berlaku secara nasional.

Fenomena penurunan maba di 2023 ini sangat berbanding terbalik dengan periode 2019 hingga 2022 yang jumlahnya terus meningkat.

Pada 2023 ini jumlah maba UAD tercatat di angka 4.905. Ia berkomitmen untuk menuntaskan persoalan penurunan jumlah mahasiswa tersebut.

“Secara bertahap kami targetkan untuk naik setiap tahun, hingga 2027 mendatang harapannya bisa mencapai 8.000 mahasiswa baru,” kata Muchlas.

Ia akan memaksimalkan upaya tenaga kependidikan dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di tahun mendatang untuk menggenjot jumlah maba.

Target penambahan 8.000 maba tersebut salah satunya melalui dukungan PSDKU (program studi di luar kampus utama) yang akan dibuka di sejumlah kota potensial.

“Kami juga targetkan prestasi akademi naik 55 persen dan nonakademik naik di angka 30 persen,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*