LSC USD Yogyakarta dan Ateneo de Manila University Filipina Helat Seminar Internasional Implikasi Transformasi Geo-Politik

transformasi geo-politik
Geo-politik (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dunia terutama pasca pandemi Covid 19 mengalami turbulensi luar biasa yang ditandai dengan munculnya ketidakadilan ekonomi, dan kejahatan terkonspirasi.

Selain itu, muncul pula kepemimpinan yang korup di semua lini, naiknya suhu politik dan terjadinya peperangan di wilayah Eropa Timur dan kawasan Afrika Sub-Sahara, serta transisi kekuasaan nir etika di beberapa negara Asia.

Selain itu, muncul ancaman-ancaman keamanan siber, gerakan sektarian, dan perubahan iklim di seluruh dunia telah melahirkan peta geopolitik hari ini.

Kontestasi kekuasaan dunia yang ditandai dengan runtuhnya lingkungan hidup telah menjadi mimpi buruk dunia.

BACA JUGA:

Terlepas dari mimpi buruk dan buramnya masa depan, transformasi geo-politik sangat dimungkinkan terjadi demi tatanan dunia baru.

Kolaborasi USD Yogyakarta & Ateneo de Manila University

Melihat dinamika geo-politik saat ini, Literary Studies Conference (LSC) 2023 yang diprakarsai oleh Prodi Sastra Inggris dan Kajian Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma Yogyakarta bekerja sama dengan Ateneo de Manila University Filipina menggelar seminar internasional bertema “Geopolitics and Literature: Reimagining the Past, Present, and Future”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*