Hari Binatang Sedunia, 4 Oktober, Inilah Pencetus, Sejarah, dan Temanya Tahun Ini

Sharing for Empowerment

Tanggal 4 Oktober dipilih karena pada tanggal ini Santo Fransiskus dari Assisi wafat.

Dalam Gereja Katolik, dia adalah santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Untuk mengenang, hari wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi ini dijadikan sebagai peringatan Hari Binatang Sedunia.

Peringatan yang dimaksud ini bertujuan untuk memperjuangkan hak hidup dan meningkatkan kesejahteraan satwa di alam liarnya di seluruh dunia.

Tema Peringatan tahun 2023

Peringatan World Animal Day tahun ini mengusung “Great or Small, Love Them All” atau ‘Besar atau Kecil, Cintai Semuanya’.

Tema ini berfokus pada pentingnya kesejahteraan semua makhluk hidup, baik hewan maupun kecil.

Beberapa hal yang dapat dijadikan pembahasan adalah penggunaan hewan kecil seperti tikus atau mencit sebagai hewan percobaan atau penggunaan gajah dan kuda untuk kepentingan pariwisata.

Kedua contoh kejadian ini membutuhkan dukungan pada Hari Binatang Sedunia ini. Makin banyak orang yang terlibat pada peringatan ini, makin besar perubahan yang dapat dibuat.

Peringatan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk bergerak serentak dan mengambil tindakan melawan kekejaman terhadap hewan, penelantaran dan perlakuan tidak adil serta menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik bagi semua hewan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*