Tumbangkan Jawa Tengah, DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi bersama juara umum OSN 2023 dari DKI Jakarta
Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi bersama juara umum OSN 2023 dari DKI Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim dari DKI Jakarta meraih gelar juara umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 menggeser dan menempatkan Jawa Tengah di posisi kedua.

Final OSN 2023 berlangsung 27 Agustus-2 September 2023. OSN untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs dilaksanakan secara daring, sedangkan OSN untuk tingkat SMA/MA diadakan secara tatap muka di Bogor, Jawa Barat.

OSN mempertandingka beberapa bidang sesuai jenjangnya yakni jenjang SD/MI: Matematika dan IPA, jenjang SMP/MTs: Matematika, IPA, dan IPS dan jenjang SMA/MA: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

BACA JUGA:

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi mengungkapkan bahwa OSN tingkat nasional 2023 diikuti oleh 1.475 peserta dari 38 provinsi. Mereka terdiri dari 230 peserta SD/MI, 345 peserta SMP/MTs, dan 900 peserta SMA/MA.

Selain itu, OSN juga diikuti oleh 15 siswa dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), yang mewakili berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Belanda, dan Saudi Arabia.

Asep menjelaskan bahwa OSN merupakan salah satu dari 40 ajang talen yang diselenggarakan oleh BPTI dalam bidang seni, budaya, dan olahraga untuk tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. OSN berperan sebagai katalisator dalam mengidentifikasi bakat terbaik di bidang sains.

Dalam upacara penutupan OSN 2023 di Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 1 Agustus 2023, Asep menyatakan tujuan OSN adalah untuk menginspirasi semangat belajar, prestasi, saling menghargai, dan persahabatan di kalangan generasi muda Indonesia.

Tata Muttaqin, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, mengapresiasi perjalanan peserta OSN 2023 yang telah melewati berbagai tahap seleksi, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi. Ia menegaskan bahwa pengalaman ini akan menjadi bagian penting dari portofolio pembelajaran anak-anak di masa depan.

Dalam OSN 2023, tim DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali terbanyak untuk semua tingkatan, yaitu SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Jawa Tengah, yang merupakan juara umum tahun sebelumnya, harus puas berada di posisi kedua.

Berikut adalah lima besar dalam OSN 2023: DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, DI Yogyakarta dan Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*