Kenali Warisan Budaya, 63 Siswa Jabar Ikuti Sekolah Lapang Warisan Budaya

Peserta Sekolah Lapang Warisan Budaya yang diprakarsai oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX (KalderaNews/Dok. Disdik Jabar)
Peserta Sekolah Lapang Warisan Budaya yang diprakarsai oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX (KalderaNews/Dok. Disdik Jabar)
Sharing for Empowerment

PURWAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 63 siswa dari Jawa Barat (Jabar) mengambil bagian dalam Sekolah Lapang Warisan Budaya yang berlangsung pada tanggal 25 hingga 27 September 2023.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX dengan tujuan untuk mengajak peserta didik untuk mengenal, memahami, dan menyebarkan pengetahuan tentang warisan budaya Indonesia.

Kepala BPK Wilayah IX, Dwi Ratna Nurhajarini, menjelaskan bahwa para peserta mengunjungi dua lokasi selama kegiatan ini, yaitu Situs Batujaya di Kabupaten Karawang dan UPTD Litbang Keramik Plered di Purwakarta.

BACA JUGA:

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan warisan budaya baik dalam bentuk benda maupun yang tidak berwujud yang ada di Jawa Barat.

Batujaya adalah salah satu dari 20 cagar budaya nasional di Indonesia yang memiliki berbagai fasilitas seperti museum, situs bersejarah, dan area ekskavasi. Di sisi lain, kunjungan ke Plered juga relevan karena di sana terdapat peninggalan budaya dari abad-abad sebelumnya yang masih aktif dilestarikan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*