Peringati Hari Ozon Sedunia, TK Sint Carolus Bengkulu Belajar Bersihkan Pantai Panjang

Peserta didik TK Sint Carolus Bengkulu melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Panjang dalam peringatan Hari Ozon Internasional pada Kamis, 14 September 2023
Peserta didik TK Sint Carolus Bengkulu melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Panjang dalam peringatan Hari Ozon Internasional pada Kamis, 14 September 2023 (KalderaNews/Cicilia Rini Handayani)
Sharing for Empowerment

BENGKULU, KalderaNews.com – Peserta didik TK Sint Carolus Bengkulu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tema “Tempat Rekreasi” di pantai yang terletak di dekat sekolah pada Kamis, 14 September 2023.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan modul pembelajaran yang telah dibuat oleh para guru. Peserta didik yang ikut rekreasi ke pantai adalah anak-anak TK A dan TK B dengan jumlah 66 siswa.

Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ke pantai. Sehari sebelum pelaksanaan, peserta didik dan orang tua sudah diberikan informasi akan melakukan pembelajaran di pantai, sehingga orang tua dapat menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa oleh peserta didik, seperti topi, kacamata, mainan cetakan, dan bekal.

BACA JUGA:

Orang tua peserta didik juga tampak semangat dengan ikut mendampingi putra-putrinya berekreasi ke pantai.

Peserta didik tidak hanya berekreasi ke Pantai Panjang, namun juga diberikan edukasi tentang kesadaran dalam mencintai lingkungan sekitar, termasuk di pantai dekat sekolah.

Yang dilakukan oleh peserta didik adalah mengamati lingkungan sekitar Pantai Panjang yang ternyata banyak sampah di sekitar pantai, menulis di atas pasir dan membuat berbagai bentuk dari pasir.

Bertepatan dengan peringatan Hari Ozon Internasional, peserta didik TK Sint Carolus melakukan kerja bakti mengumpulkan sampah-sampah yang ada di sekitar pantai.

Sampah-sampah yang telah terkumpul dibuang ke tempat pembuangan akhir dan tidak dibakar karena akan merusak lapisan ozon. Hal ini sekaligus memahamkan kepada peserta didik pentingnya menjaga lapisan ozon demi keberlangsungan hidup manusia.

Peserta didik diajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta mengendalikan produksi sampah dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai atau sterofoam.

Tujuan kegiatan rekreasi di pantai ini adalah anak-anak dapat bermain sambil belajar diantaranya, belajar bersyukur atas anugrah Tuhan berupa pantai yang begitu indah (nilai Cellebration), melatih motorik halus anak dalam menulis dan membuat bentuk di atas pasir (nilai Conviction).

Selanjutnya, menanamkan pembiasaan cinta lingkungan dengan mengambil sampah yang ada di sekitar pantai (nilai KPKC), karena hal ini salah satu cara sederhana untuk melindungi bumi kita tercita. Bumiku bersih bumiku sehat. (Penulis: Cicilia Rini Handayani)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*