Dari 194.000 Koleksi di Museum Nasional Terdapat 817 Koleksi yang Terdampak Kebakaran

Ilustrasi: Pemadam kebakaran. (Ist.)
Ilustrasi: Pemadam kebakaran. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – (Plt) Kepala Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra menegaskan proses evakuasi koleksi dan benda bersejarah dari Gedung A Museum Nasional Indonesia berjalan lancar dan dilaksanakan dengan sangat hati-hati.

Hampir 100 orang dikerahkan oleh tim MNI bekerjasama dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) telah berhasil menyelamatkan sejumlah besar artefak berharga dan sejarah yang ada di dalam Gedung A.

Proses evakuasi dilakukan dengan mengerahkan tim tenaga ahli khusus untuk mengangkat puing dengan diawasi dan diarahkan oleh tim evakuasi koleksi agar dapat mencermati dan mengambil tindakan yang tepat perihal pengangkatan koleksi sejarah maupun material bangunan yang terbakar.

BACA JUGA:

Diperlukan beberapa alat berat dan teknik pengangkatan atap gedung yang rusak untuk proses evakuasi dan penyelamatan koleksi dan benda bersejarah yang berada di ruangan terdampak.

Mahendra mengungkapkan secara keseluruhan total koleksi dan benda bersejarah yang disimpan di Museum Nasional Indonesia sendiri sebanyak 194.000 koleksi. Terdapat 817 koleksi yang berada dan dipamerkan pada enam ruangan yang terdampak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*