Kiat Sukses Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ala Kimberley Adonia Gunawan

Kimberley Adonia Gunawan, seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar
Kimberley Adonia Gunawan, seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kimberley Adonia Gunawan, seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar, sukses menyelesaikan semester magangnya di Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Dari 1.000 pelamar, Kimberley berhasil meraih salah satu dari tiga tempat yang tersedia dalam seleksi program MSIB di Kemendikbudristek.

BACA JUGA:

Untuk membantu calon mahasiswa yang berusaha meningkatkan peluang mereka dalam seleksi MSIB, Kimberley berbagi beberapa tips berikut:

1). Keberanian

Pertama-tama, mahasiswa yang berminat harus berani mencoba. Kimberley menekankan pentingnya untuk tidak takut mendaftar dan terus mengembangkan keterampilan mereka.

2). Aktif Berorganisaai

Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi di dalam dan di luar kampus, serta terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sehingga dapat memperluas jaringan relasi dan pengalaman mereka menjadi nilai tambah.

3). Keseimbangan Antara Prestasi Akademik dan Aktivitas Nonakademik

Mahasiswa perlu menjaga keseimbangan antara prestasi akademik dan aktivitas nonakademik. Kimberley menekankan perlunya memastikan bahwa nilai akademik, seperti terlihat dalam Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), tetap tinggi, karena hal ini juga dapat meningkatkan peluang diterima dalam program MSIB.

Meskipun diterima dalam program MSIB, Kimberley mengakui bahwa perjalanannya selama magang tidak selalu mudah dan penuh tantangan.

Salah satu tantangannya adalah ketika ia ditunjuk sebagai pembawa acara dalam sebuah acara di kementerian.

Kimberley menggambarkan pengalaman menjadi pembawa acara kementerian sebagai sesuatu yang sangat menantang.

Namun, pengalamannya dalam berorganisasi di DPM dan PRO Fikom Untar telah membantunya membangun rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan selama masa magang.

Kimberley memberikan pesan, “Jangan ragu untuk mendaftar dan terus mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan jurusan.”

Diketahui, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu program yang termasuk dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program ini bertujuan memberikan pengalaman dunia profesional kepada mahasiswa dan menciptakan tenaga kerja yang profesional.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*