DPR Kecewa Anggaran Pendidikan 2024 di Kemendikbudristekdikti Segitu-gitu Saja

Sharing for Empowerment

Di mana, dengan anggaran 2024 sebesar Rp97,7 triliun tersebut, Kemendikbudristekdikti membagi peruntukannya menjadi 6 (enam) program.

Secara rinci berupa Program PAUD dan Wajib Belajar 12 Tahun sebanyak Rp13,9 triliun; Program Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran sebesar Rp15,8 triliun; Program Pendidikan Tinggi sebesar Rp38,5 triliun; Program Pemajuan dan Pelestarian Bahasa, dan Kebudayaan sebesar Rp3,06 triliun; Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi sebesar Rp6,01 triliun; dan Program Dukungan Manajemen sebesar Rp20,2 triliun.

Senada, Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi menyatakan Kemendikbudristekdikti seharusnya memperoleh pagu anggaran 2024 yang proporsional dari anggaran pendidikan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Baginya, hal ini harus menjadi perhatian bersama agar pemerataan pendidikan di Indonesia terwujud.

“Walaupun kita tahu (anggaran pendidikan lebih banyak turun langsung ke daerah), 600-an triliun dari (anggaran pendidikan) itu, seharusnya at least 50 persen-nya itu dikelola oleh Kemendikbud (sekitar) 200 triliun,” ungkapnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*